alexametrics

Sukseskan Asian Games, Polda Metro-FSM Latih Petugas Satpam

loading...
Sukseskan Asian Games, Polda Metro-FSM Latih Petugas Satpam
Polda Metro Jaya bekerja sama dengan FSM mengadakan pelatihan untuk satpam. Foto: ist
A+ A-
JAKARTA - Polda Metro Jaya bekerja sama dengan PT Fajar Sinar Mentari (FSM) mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Gada Pratama untuk satuan pengamanan (Satpam). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyukseskan kegiatan Asian Games XVlll yang berlangsung mulai 18 Agustus sampai 3 September 2018.

Pelatihan Gada Pratama yang diikuti satpam dari wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur itu dibuka oleh Kabag Ops Nal Dit Binmas Polda Metro Jaya AKBP Rumiyati mewakili Dir Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo.



Rumiyati mengatakan, tugas utama polri memang sebagai aparat penegak hukum. Namun dalam melaksanakan tugasnya, Polri bisa dibantu oleh potensi keamanan swakarsa lainnya, seperti satpam.

Untuk itu, satpam sebagai mitra Polri dalam melaksanakan tugas di lingkungan harus memiliki teknis dan taktik yang cepat dan tepat agar dapat mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya dengan baik. Karenanya ia berharap para satpam dapat melaksanakan diklat ini dengan tekun, serius dan disipilin.

Dalam realitanya, memang masih banyak petugas satpam di lapangan yang belum memiliki standar kualifikasi sesuai Peraturan Kapolri Nomor 24/2007 tentang Sistem Pengamanan Organisasi Perusahaan dan atau instansi serta lembaga pemerintah.

“Kita ketahui bersama masih banyak dijumpai di lapangan belum banyak yang mempunyai standar kualifikasi sesuai Peraturan Kapolri Nomor 24/2007 tentang Sistem Pengamanan Organisasi Perusahaan dan atau instansi atau lembaga pemerintah,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Minggu (12/8/2018).

Sementara itu, Direktur Utama PT Fajar Sinar Mentari Anton Aryadi mengatakan, pengamanan saat pelaksanaan Asian Games menjadi salah satu elemen penting, bahkan menjadi perhatian khusus pemerintah.

"Karena itulah mereka (satpam) kami didik dan latih untuk ditugaskan membantu kepolisian dalam mengamankan area kerjanya masing-masing. Kami sudah melakukan latihan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan dari orang-orang yang ingin mengganggu kelancaran Asian Games 2018, meski venue hanya di Jakarta dan Palembang," katanya.

Atas dasar itu pula  PT Fajar Sinar Mentari bekerja sama dengan Polda Metro Jaya akan kembali melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Gada Pratama untuk Satuan Pengamanan berikutnya pada September 2018.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak