Dilarang Beroperasi di Monas, Delman Dipindah ke Dua Lokasi Ini

Kamis, 02 Agustus 2018 - 14:48 WIB
Dilarang Beroperasi di Monas, Delman Dipindah ke Dua Lokasi Ini
Dilarang Beroperasi di Monas, Delman Dipindah ke Dua Lokasi Ini
A A A
JAKARTA - Delman yang dilarang beroperasi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, selama Asian Games bakal dipindah ke Kota Tua, Jakarta Barat dan Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan.

"Wiraswastawan yang menawarkan jasa kuda di Monas itu semuanya pindah ke Kota Tua dan ke Ragunan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta International Equestrian Park Pulomas, Jakarta Timur, Kamis (2/8/2018).

Anies mengatakan, kuda itu dipindahkan agar tidak menularkan penyakit terhadap hewan yang digunakan untuk berlomba di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) dalam ajang Asiang Games 2018.

Anies menyebut, saat ini sudah ada 300 kuda yang divaksin. Meski begitu, untuk langkah antisipasi, kuda-kuda tersebut tidak boleh berdekatan dalam radius jarak 10 km.

Dilarang Beroperasi di Monas, Delman Dipindah ke Dua Lokasi Ini

"Lokasi ini tidak boleh ada 1 kuda untuk menghindari potensi menularnya penyakit. Kuda di sini pun sudah semuanya divaksin," terang Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini pun bersyukur lantaran saat ini sudah mendapat sertifikasi untuk menyambut Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) dalam ajang Asiang Games 2018.

"Alhamdulillah ini kita sudah dapat izin dan sertifikasinya," sambung Anies. (Baca Juga: Selama Asian Games 2018 Delman di Monas Dilarang Beroperasi
Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP), Darjamuni menjelaskan soal jarak streril 10 km terhadap delman itu lantaran khawatir kuda yang akan bertanding di Asian Games terkena virus.

"Dikhawatirkan itu adalah menularkan penyakit, kuda-kuda sudah kita periksa semua. Tapi, kuda-kuda berstandar internasional kan lain. Apalagi dengar harga kudanya ada yang 6 juta euro. Kalau mati atau apa enggak kebayar kita," papar Darjamuni.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4345 seconds (0.1#10.140)