alexametrics

Rumah Mewah di Kebagusan Ambruk Akibat Proyek Galian Kabel

loading...
Rumah Mewah di Kebagusan Ambruk Akibat Proyek Galian Kabel
Rumah mewah yang ambruk di Kebagusan, Jakarta Selatan, akibat proyek galian kabel. Foto: iNews
A+ A-
JAKARTA - Sebuah rumah mewah di Jalan Kebagusan, RT 1 RW VII, Pasar Minggu, Kebagusan, Jakarta Selatan, ambruk Minggu (29/7/2018) malam. Peristiwa tersebut disebabkan proyek galian kabel.

Tidak korban jiwa dalam peristiwa itu, namun salah satu penghuni rumah terluka akibat terkena reruntuhan puing bangunan hingga dilarikan ke klinik terdekat. Selain itu, satu unit mobil yang parkir di garasi juga rusak parah tertimpa reruntuhan beton.

Ketua RT 1 Rahmadi mengatakan, kejadian bermula saat petugas galian kabel selesai menggali tanah di pinggir Jalan Kebagusan II, Minggu malam. Tiba-tiba dari rumah nomor 1 terdengar keras patahan tembok garasi. Tak begitu lama, tiang penyangga garasi rumah ambruk dan menarik dinding lainnya.

“Suara patahan dinding kencang bangat. Kita keluar sebagian rumah sudah ambruk,” kata Rahmadi di lokasi kejadian, Senin (30/7/2018).

Menurut dia, selain akibat galian kabel yang hanya berjarak beberapa meter dari garasi, ambruknya rumah milik warganya itu juga diakibatkan kondisi bangunan sudah tua. Rumah mewah tersebut dibangun tahun 1973. “Jadi memang struktur rumah sudah tua juga. Kemudian ada galian kabel,” ujar dia.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang tiba di lokasi langsung membersihkan puing-puing bangunan dan membuat penyangga agar bangunan yang berada di samping tidak ikut roboh. Saat ini lokasi galian dan rumah yang ambruk sudah dipasang garis polisi.

Pihak pemilik proyek galian kabel maupun pemilik rumah juga sudah melakukan mediasi untuk ganti rugi. “Tadi sudah koordinasi dengan pihak terkait, sudah ada kesepakatan soal penggantian,” tutur Rahmadi.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak