7 Jurusan Politeknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Masa Depan Jelas

Rabu, 21 Februari 2024 - 09:57 WIB
loading...
7 Jurusan Politeknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Masa Depan Jelas
Salah satu jurusan politeknik yang memiliki prospek kerja menjanjikan adalah Teknik Grafika dan Penerbitan. Jurusan ini mencetak lulusan agar bisa memiliki usaha percetakan sendiri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 jurusan politeknik dengan prospek kerja menjanjikan. Bisa apa lulusan politeknik? Mungkin pertanyaan itu banyak diungkapkan calon mahasiswa yang saat ini masih banyak yang menganggap perguruan tinggi lebih prospektif ketimbang politeknik.

Asal tahu saja, banyak keunggulan pendidikan politeknik dibanding universitas. Salah satunya sebagai pendidikan di jalur vokasi, lulusan politeknik lebih siap kerja karena dalam kurikulum politeknik lebih banyak ke praktik. Artikel kali ini akan membahas daftar jurusan politeknik yang memiliki prospek kerja menjanjikan, simak ya!

7 Jurusan Politeknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan


1. Teknik Grafika dan Penerbitan


Jurusan politeknik dengan prospek kerja yang luas pertama adalah teknik grafika dan penerbitan. Jurusan ini mencetak lulusan agar bisa memiliki usaha percetakan sendiri.

Jurusan politeknik ini juga sangat cocok untuk jadi wartawan atau desainer grafis. Salah satu politeknik yang membuka jurusan ini adalah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

2. Teknik Sipil


Hampir semua orang tahu bahwa jurusan politeknik teknik sipil sangat memiliki prospek kerja yang luas. Lulusan teknik sipil dicetak agar mampu menguasai keahlian manufaktur, perancangan, pengelolaan, dan konservasi berbagai macam fasilitas dan sistem.

Di Indonesia sendiri lulusan teknik sipil sangat diperlukan. Terlebih Indonesia sebagai negara berkembang yang memiliki banyak pembangunan infrastruktur.

3. Teknik Mesin


Salah satu jurusan politeknik yang banyak diminati berikutnya adalah teknik mesin. Lulusan teknik mesin sangat berperan penting dalam menciptakan alat untuk kebutuhan bioteknologi. Dengan demikian sudah jelas jika peluang kerjanya sangat luas. Entah itu bidang industri, dirgantara, hingga industri manufaktur.


4. Akuntansi


Jurusan akuntansi di perguruan tinggi politeknik juga tak kalah bagus. Banyak sektor perusahaan yang membutuhkan lulusan akuntansi untuk menangani kasus-kasus keuangan di perusahaan.

5. Administrasi Niaga


Mahasiswa lulusan vokasi atau politeknik jurusan administrasi niaga tidak perlu cemas. Keahlian yang merumuskan, menganalisa, hingga merancang solusi dalam kasus dunia bisnis sangat diperlukan perusahaan. Bahkan hingga menangani kegiatan operasional bisnis dan perusahaan sekaligus.

6. Teknik Informatika dan Komputer


Dunia industri hari ini sudah berada pada level 4.0 yang tentunya berhubungan dengan keahlian IT. Lulusan teknik informatika dan komputer akan dibekali keahlian programing, desain dan masih banyak lagi dalam hal IT.

Sudah tidak perlu ragu lagi, bahwa lulusan ini akan dicari oleh banyak perusahaan. Bahkan lulusan teknik informatika dan komputer memiliki peluang kerja yang bagus, bergengsi dengan gaji yang lebih dari cukup.

7. Teknik Elektro


Selanjutnya, jurusan politeknik yang banyak diminati hari ini adalah teknik elektro. Bahkan tidak dipungkiri lulusan jurusan ini bisa langsung bekerja di berbagai perusahaan.

Kelebihan Kuliah di Politeknik


1. Pilihan program studi beragam dan spesifik

Politeknik memiliki pilihan program studi atau jurusan yang beragam dan spesifik. Jurusan-jurusan ini tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan DUDI (dunia industri dan dunia usaha) sehingga dapat dipastikan ilmu yang diajarkan bisa diaplikasikan di dunia kerja nantinya. Karena kurikulum politeknik bersifat spesifik, kamu bisa juga mempelajari spesialisasi profesi yang kamu inginkan.

2. Dapat belajar banyak saat praktik kerja


Dengan komposisi praktik yang lebih banyak daripada teori, kamu bisa mempelajari hal yang lebih konkrit dan berkaitan dengan DUDI. Lalu dengan adanya praktik kerja, kamu bisa mendapat pengalaman bekerja dalam jangka waktu yang lebih cepat dan itu bisa membantu peningkatan karier kamu.

3. Kesempatan karier sesuai minat dan bakat


Karena program studi di politeknik lebih spesifik, kesempatan melanjutkan karir yang sesuai dengan minat dan bakat pun sangat tinggi. Kamu bisa lebih terfokus meningkatkan kompetensi di bidang yang sama dan mendalami ilmu yang dibutuhkan untuk dapat berkembang di profesi tersebut. Hal ini bisa membantu kamu agar lebih siap terjun di DUDI.

4. Implementasi teori di dunia kerja lebih mudah


Perbedaan politeknik dan universitas bisa dilihat dari pengaplikasian teori yang sudah dipelajari. Mempelajari teori memang penting, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana mengimplementasikan hal tersebut di lapangan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)