Deretan Perbatasan Mesir, Negara yang Dikepung Konflik

Senin, 19 Februari 2024 - 13:49 WIB
loading...
Deretan Perbatasan Mesir, Negara yang Dikepung Konflik
Selain di perbatasan Rafah, banyak perbatasan Mesir lainnya juga dilanda konflik—praktis menjadikan negara itu seperti dikepung konflik. Foto/BBC
A A A
JAKARTA - Mesir saat ini bersitegang dengan Israel setelah militer Zionis berencana meluncurkan invasi darat ke Rafah, Jalur Gaza selatan.

Rencana Israel itu dalam upaya untuk mengalahkan Hamas setelah perangnya di Gaza sejak 7 Oktober 2023 tak kunjung berakhir.

Kairo menentang rencana Israel tersebut. Sebab, Rafah berbatasan dengan Mesir, di mana invasi tersebut bisa memicu banjir pengungsi Gaza di wilayah Mesir.

Kairo telah mengancam akan menangguhkan perjanjian damai dengan Tel Aviv jika invasi ke Rafah dilakukan. Namun rezim Zionis akan tetap melakukannya.

Selain di perbatasan Rafah, banyak perbatasan Mesir lainnya juga dilanda konflik—praktis menjadikan negara itu seperti dikepung konflik.



Batas-batas Negara Mesir

1. Utara

Sebelah utara Mesir adalah Laut Mediterania. Wilayah perbatasannya sepanjang 1.025 kilometer.

Laut Mediterania telah menjadi transit kapal-kapal perang berbagai negara yang sedang berkonflik maupun negara pendukung pihak yang berkonflik.

Beberapa negara yang kerap mengerahkan aset tempurnya ke Laut Mediterania antara lain Israel, Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya, Mesir, dan Rusia.

2. Selatan

Mesir berbatasan dengan Sudan di wilayah selatan. Panjang perbatasannya sekitar 1.273 kilometer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)