Riset Sebut Kera Besar Suka Menggoda dan Merayu seperti Manusia

Minggu, 18 Februari 2024 - 11:48 WIB
loading...
Riset Sebut Kera Besar Suka Menggoda dan Merayu seperti Manusia
Kera gemar menggoda dan merayu seperti manusia. FOTO/ DAILY
A A A
BERLIN - Sebuah tim peneliti internasional meneliti empat spesies: simpanse, bonobo, gorila, dan orangutan . Dari penelitian terkuak kera besar sama seperti manusia saling menggoda satu sama lain.



SepertI dilansir dari Scient Alert, temuan yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B Biological Sciences, menunjukkan bahwa lelucon dan candaan mungkin telah berevolusi pada nenek moyang manusia sekitar 13 juta tahun yang lalu.

Kera-kera remaja ini terekam sedang menjambak rambut, menyodok, dan membanting tubuh anggota kelompok lainnya serta melambaikan benda berulang kali di depan wajah mereka.

Para peneliti mengatakan, sama seperti manusia, candaan terhadap kera juga dilakukan secara terus-menerus dan mengandung unsur kejutan dan permainan.

“Kera besar adalah kandidat yang sangat baik untuk diejek sambil bercanda, karena mereka mempunyai hubungan dekat dengan kita, terlibat dalam permainan sosial, menunjukkan tawa dan menunjukkan pemahaman yang relatif canggih terhadap harapan orang lain.” tutur
Dr. Isabelle Laumer, seorang peneliti pascadoktoral di University of California Los Angeles (UCLA) di AS dan Max Planck Institute of Animal Behaviour ( (MPI-AB) di Jerman.

Dia menambahkan: “Dari sudut pandang evolusi, kehadiran olok-olok yang lucu pada keempat kera besar dan kesamaannya dengan olok-olok dan lelucon yang lucu pada bayi manusia menunjukkan bahwa olok-olok yang lucu dan prasyarat kognitifnya mungkin ada pada nenek moyang kita yang terakhir, setidaknya 13 juta tahun yang lalu.

“Kami berharap penelitian kami akan menginspirasi peneliti lain untuk mempelajari perilaku menggoda pada lebih banyak spesies untuk lebih memahami evolusi perilaku multi-segi ini.” jelas Isabelle.

Perilaku menggoda dapat dilihat pada bayi manusia sejak usia delapan bulan, menurut para peneliti, dan sering dianggap sebagai “pendahulu kognitif” untuk bercanda.

Ahli primata asal Inggris, Dr. Jane Goodall dan peneliti lainnya di bidang ini dikatakan telah mengamati perilaku ini pada kera, namun para peneliti mengatakan penelitian mereka adalah yang pertama yang secara sistematis mendokumentasikan dan menganalisis ejekan main-main pada primata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)