Siap-siap! Harga Pertamax Cs Bakal Naik Usai Pemilu 2024

Jum'at, 16 Februari 2024 - 19:00 WIB
loading...
Siap-siap! Harga Pertamax Cs Bakal Naik Usai Pemilu 2024
Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, harga BBM nonsubsidi atau Pertamax Cs ke depan akan selalu tergantung dengan harga minyak dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memutuskan menahan harga BBM nonsubsidi atau Pertamax Cs pada Februari 2024 atau menjelang Pemilu 2024, hal itu berbedadengan badan usaha yang lainnya seperti Shell, Vivo dan BP-AKR.Kini setelah Pemilu 2024 telah terlaksana, apakah harga BBM nonsubsidi bakal kembali naik?.



Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, harga BBM nonsubsidi ke depan akan selalu tergantung dengan harga minyak dunia.

"Jadi kalau yang nonsubsidi ini ikut formula harga indeks minyak, sekarang minyak sudah USD82 per barel. Jadi dibanding sama tahun lalu ada kenaikan antara USD5-6 dan itu pasti mempengaruhi biaya produksi," jelas Menteri ESDM Arifin di Gedung Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (16/2/2024).



Oleh karena itu, usai Pemilu 2024 ini, Arifin mengaku dirinya mempersilahkan penjualan BBM Nonsubsidi kepada masing-masing badan usaha karena mengikuti pergerakan harga minyak dunia. Namun untuk harga BBM subsidi Pertamina tetap akan ditahan.

Sebab menurut Arifin, badan usaha akan melakukan evaluasi masing-masing mengenai harga BBM Nonsubsidi. Apalagi katanya, badan usaha memang kerap saling berkompetisi satu sama lain.

"Itu biar badan usaha yang bisa mengevaluasi. Tapi mereka saling berkompetisi naiknya berapa. Pemerintah nahan yang subsidi, enggak ada kenaikan. Yang nonsubsidi itu badan usaha masing-masing," tukasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3619 seconds (0.1#10.140)