Soroti Berbagai Anomali Pemilu 2024, TPN Ganjar-Mahfud Siapkan Tim Khusus Audit Forensik

Kamis, 15 Februari 2024 - 17:03 WIB
loading...
Soroti Berbagai Anomali Pemilu 2024, TPN Ganjar-Mahfud Siapkan Tim Khusus Audit Forensik
Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto menyoroti berbagai anomali atau kejanggalan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud , Hasto Kristiyanto menyoroti berbagai anomali atau kejanggalan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 . Merespons hal itu, TPN akan menyiapkan Tim Khusus Audit Forensik yang diisi pakar hukum hingga IT untuk mengungkap bukti material pelanggaran terstruktur, sistematis dan masif.

"Berbagai anomali pemilu itu telah menyentuh aspek legitimasi dari pemilu tersebut. Nah karena itulah kemudian yang keempat dibentuk tim khusus untuk melakukan suatu audit forensik," ujar Hasto usai rapat tertutup di High End, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).



"Dan tim khusus ini nantinya akan terdiri dari pakar-pakar hukum, pakar IT, kemudian juga demografi, dan setelah itu mereka-mereka yang memang punya pengalaman di dalam mengungkapkan bukti-bukti material. Agar apa yang menjadi ketentuan pelanggaran secara terstruktur, artinya melibatkan suatu kekuasaan, masif itu suatu dengan orkestrasi yang menyeluruh dan sistematis, sistematis dengan orkestrasi yang menyeluruh dan dampaknya adalah masif," sambungnya.

Hasto menegaskan bahwa tim khusus akan segera dibentuk dan bakal diisi sejumlah nama dengan kredibilitas tinggi yang memiliki spirit menjaga marwah demokrasi.

"Sehingga tim khusus ini segera dibentuk, nama-nama sudah dikumpulkan terdiri dari orang-orang yang punya kredibilitas tinggi dan juga punya suatu spirit di dalam menjaga marwah demokrasi yang berintikan kedaulatan rakyat. Demokrasi yang ada etika politik, demokrasi yang tidak menghalalkan segala cara," jelasnya.

Lebih lanjut, Sekjen PDIP itu juga menyoroti pelemahan penyelenggara dan pengawas pemilu secara sistematis saat ini.



"Kita juga melihat bahwa berdasarkan analisis terhadap proses memang ada beberapa elemen-elemen di dalam internal penyelenggara pemilu dan juga pengawas pemilu di dalamnya ada pelemahan-pelemahan secara sistematis pula," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)