Intip Mobil Pertama Toyota, Model AA Bergaya Amerika

Kamis, 15 Februari 2024 - 20:00 WIB
loading...
Intip Mobil Pertama Toyota, Model AA Bergaya Amerika
Model AA sangat dipengaruhi oleh mobil Amerika pada zamannya. (Foto: Toyota)
A A A
JAKARTA - Raksasa otomotif Toyota telah berdiri sejak 28 Agustus 1937 oleh Kiichiro Toyoda. Mobil pertama yang dibuat adalah model AA.

Namun sebenarnya Toyoda Model AA dibangun sebelum Toyota Motor Company ada. Kiichiro Toyoda memimpin pengembangan dan konstruksi Model AA di bawah divisi otomobil Toyoda Automatic Loom Works, perusahaan Toyoda yang membangun mesin industri seperti mesin jahit otomatis.

Model AA pertama kali muncul pada tahun 1936. Setahun kemudian, Toyoda mendirikan Toyota Motor Company untuk memulai produksi massal kendaraan penumpang.

Dilansir dari Slash Gear, Kamis (15/2/2024), model AA sangat dipengaruhi oleh mobil Amerika pada zamannya. Gaya sedan tahun 1930-an yang ditemukan pada hampir setiap kendaraan buatan Amerika jelas terlihat dalam desain Model AA. Namun, penampilannya tak hanya terinspirasi dari gaya Amerika.



Mesin di bawah kap mesin adalah straight-six berpendingin air 3,4 liter yang Toyoda dan insinyurnya ciptakan dari mesin Chevrolet pada saat itu. Selain itu, Model AA sangat dipengaruhi oleh Chrysler DeSoto Airflow di luar penampilannya, karena Toyoda membuat catatan untuk menyeimbangkan beban antara roda depan dan belakang guna memaksimalkan kenyamanan penumpang.

Dari segi ukuran, dimensi Model AA saat itu cukup besar. Panjangnya hampir 16 kaki dan tinggi lebih dari 5 kaki, dengan berat sekitar 3.300 pon. Ukuran besar ini karena fokus fokus pada kenyamanan penumpang. Masuk akal jika Model AA berukuran besar karena dirancang mengangkut seluruh anggota keluarga. Dengan power 65 tenaga kuda, Model AA lebih dari cukup untuk melaju kencang saat itu.



Produksi Model AA berlangsung dari 1936 hingga 1942. Selama itu, Toyoda/Toyota memproduksi 1.404 unit. Angka yang sangat kecil dibandingkan dengan Toyota yang kita kenal hari ini. Pada 2023 saja, Toyota telah menjual 2.248.477 unit kendaraan.

Dalam video YouTube Toyota USA, Jay Leno mengatakan Toyota menemukan satu unit model AA dimiliki oleh seorang petani di Siberia sejak Perang Dunia II. Mobil itu kini disimpan di museum Belanda.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4431 seconds (0.1#10.140)