alexametrics

Pengamanan Jelang Asian Games, Polisi Sikat Ribuan Penjahat Jalanan

loading...
Pengamanan Jelang Asian Games, Polisi Sikat Ribuan Penjahat Jalanan
Polisi menggelar Operasi Cipta Kondisi di Jakarta dan sekitarnya sejak 3 Juli 2018 dimana diamankan sedikitnya 1.952 orang yang diduga terlibat kejahatan jalanan. Foto Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono/SINDOnews
A+ A-
Polisi menggelar Operasi Cipta Kondisi di Jakarta dan sekitarnya sejak 3 Juli hingga 3 Agustus 2018 mendatang. Sejak 3-12 Juli operasi tersebut polisi mengamankan sedikitnya 1.952 orang yang diduga terlibat kejahatan jalanan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, operasi itu digelar dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang Asian Games 2018. Adapun sasaran operasi para pelaku premanisme, pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, dan pencurian kendaraan bermotor.

"Hasilnya kami amankan 1.952 orang, 320 orang ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan, sedang 1.551 orang dilakukan pembinaan," ujarnya pada wartawan, Sabtu (14/7/2018).

Menurutnya, selama dua pekan operasi tersebut, ada 643 kasus dengan berbagai kejahatan yang dilakukan, salah satunya kejahatan yang dilakukan Geng Badboys di Jakarta Utara. Dari 320 tersangka yang ditahan, ada 52 tersangka yang dilakukan tindakan tegas dan terukur.

Dalam operasi itu, tambah Argo, polisi turut menyita uang tunai belasan juta, senpi rakitan, puluhan senjata tajam, puluhan sepeda motor dan mobil, puluhan handphone, ratusan minuman keras dan lainnya.

"Kami lakukan tindakan tegas dan terukur pada 11 tersangka (meninggal) karena membahayakan petugas dan 11 tersangka, sedang yang ditindak (tembak) bagian kakinya ada 41 orang," tuturnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak