Kota Bekasi Bakal Operasikan 2 Anjungan Dukcapil Mandiri

Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:57 WIB
loading...
Kota Bekasi Bakal Operasikan 2 Anjungan Dukcapil Mandiri
Pelayanan kependudukan. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi segera mengoperasikan dua mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Mesin ADM ini layaknya mesin ATM yang diluncurkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada akhir 2019.

"Dua mesin ADM ini siap hadir dan beroperasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kependudukan," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi Taufik Rahmat Hidayat di Bekasi, Kamis (13/8/2020).

Menurut dia, mesin ADM ini layaknya seperti mesin ATM dan berfungsi untuk mempermudah proses pembuatan dan pencetakan administrasi kependudukan. "Kami sudah membeli satu mesin ADM menggunakan Dana Insentif Daerah dan satu lagi dari Kemendagri," katanya.

Rencananya, kata dia, dua mesin ADM itu bakal diletakkam di area Mal Pelayanan Publik BTC (Bekasi Trade Center) di Jalan Joyomartono, Kecamatan Bekasi Timur. Sedangkan satu mesin ADM lagi bakal ditaruh di area Kantor Pemerintah Kota Bekasi. ( )

Untuk di MPP, jam operasional mengikuti jam buka tutup mal tersebut. Akan tetapi untuk di Kantor Pemkot Bekasi dimungkin beroperasi selama 24 jam. "Yang satu sengaja di Kantor Pemkot karena bisa saja 24 jam, karena dari segi keamanan di sana kan ada petugas," ungkapnya.

Taufik menjelaskan, kehadiran dua mesin ADM ini mempermudah masyarakat dalam proses pembuatan dan pencetakan dokumen kependudukan. Sesuai program Kemendagri, proses administrasi layanan kependudukan kedepannya bakal online sepenuhnya.

Hadirnya mesin ADM ini juga untuk sarana penunjangnya. Selain pelayanan online luncuran Kota Bekasi yakni e-Open. Kedepanya, setiap MPP akan diberikan mesin ADM seperti di Plaza Cibubur, Plaza Pondok Gede dan BTC Bekasi Timur. ( )
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2744 seconds (0.1#10.140)