alexametrics

Ini Penyebab Ledakan Tabung Gas 12 Kg di Grand Wijaya Center

loading...
Ini Penyebab Ledakan Tabung Gas 12 Kg di Grand Wijaya Center
Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Kepala Bidang Balistik Metalurgi Forensik (Kabid Balmetfor) Puslabfor Polri Kombes Ulung Kanjaya mengatakan, penyebab ledakan tabung gas di kompleks Ruko Grand Wijaya Center, Jakarta Selatan, karena kebocoran gas. Kemudian, kata dia, gas keluar dan mengisi ruangan dapur berukuran kecil serta tertutup sehingga ledakan terjadi.

"Penyebab ledakan akibat adanya kebocoran gas, bukan dari tabungnya, tapi dari sistem sambungan antara regulator dengan kompornya atau kompornya itu, nanti kita perdalam di laboratorium," katanya di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Saat gas itu bocor, kata Ulung, diduga ada colokan listrik dispenser di bagian dapur sehingga muncul percikan api dan meledak. Terkait rusak atau adanya kesalahan pasang regulator, pihaknya pun bakal mengujinya dahulu di laboratorium.

"Tabungnya tak bocor, tapi kan gas di dalam tabung bentuknya cair, saat keluar bisa menyebabkan ledakan," tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar menambahkan, saat ini di lokasi kejadian sudah aman, hanya saja masih berserakan bekas ledakan. Maka itu, bila sudah dibersihkan, pihaknya pun bakal membuka kawasan tersebut.

"Saat sudah bersih, hanya TKP saja yang kita garis polisi, lalu kita buka lagi agar semua kantor bisa segera beroperasi," katanya. (Baca juga: Ledakan di Grand Wijaya, Polisi Sita Tabung Gas dan Selang Regulator)

Sebuah tabung gas berukuran 12 kilogram (kg) meledak di kawasan pertokoan di Grand Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Akibat ledakan tiga ruko dan satu mobil rusak. (Baca juga: Imbas Ledakan Tabung Gas, Perkantoran di Grand Wijaya Diliburkan)
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak