Mengapa Laron Selalu Muncul saat Musim Hujan? Simak Penjelasannya!

Sabtu, 10 Februari 2024 - 10:01 WIB
loading...
Mengapa Laron Selalu Muncul saat Musim Hujan? Simak Penjelasannya!
Laron selalu muncul di musim hujan dan berkumpul di cahaya seperti lampu rumah. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Laron (Isoptera) merupakan salah satu jenis serangga yang masih termasuk dalam koloni rayap. Biasa hidup berkelompok, ada banyak hal menarik yang bisa diketahui tentang hewan satu ini.

Sebagian orang tentu sadar bahwa laron sangat suka dengan tempat yang terang atau memiliki cahaya penerangan. Maka dari itu, mereka selalu berterbangan mendekati lampu-lampu yang menyala terang.

Selain kesukaannya ternyata cahaya, laron juga diketahui selalu muncul ketika musim hujan. Bahkan, tak jarang menyebar mitos terkait keberadaan laron yang bisa menjadi pertanda segera datangnya hujan.

Lebih jauh, kenapa sebenarnya laron ini senantiasa muncul ketika musim hujan? Simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Laron Sering Muncul Ketika Musim Hujan?
Mengapa Laron Selalu Muncul saat Musim Hujan? Simak Penjelasannya!

Laron menjadi salah satu jenis hewan yang sering keluar ketika musim hujan. Biasanya, mereka muncul dari tanah dan hinggap masuk ke rumah-rumah warga setelah hujan berlangsung.

Disarikan dari berbagai sumber, Rabu (7/2/2024), ada sejumlah alasan yang membuat laron sering keluar saat musim hujan. Di antaranya berkaitan dengan faktor cuaca hingga waktu reproduksi.

Sebagaimana diketahui, laron memiliki sarang di bawah tanah. Dalam hal ini, mereka memang menyukai tempat dengan kondisi yang hangat.

Sejalan dengan keadaan tersebut, tak heran apabila laron keluar saat musim hujan. Hal ini dikarenakan sarangnya di bawah tanah pasti berada dalam kondisi yang lembab dan dingin karena diguyur hujan.

Ketika laron keluar dari bawah tanah, mereka bakal mencari tempat yang lebih hangat. Nah, inilah salah satu alasan hewan tersebut sangat menyukai sumber cahaya terang seperti lampu bohlam di rumah-rumah warga.

Selain itu, musim hujan juga menjadi waktu bagi laron untuk berkembang biak. Pada momen ini, mereka berkesempatan untuk mencari pasangan.



Namun, laron yang tidak mendapat pasangan disebutkan bakal mati. Alasannya karena mereka akan terus berada di luar sarang sampai matahari muncul di pagi hari.

Pancaran sinar matahari akan membuat laron kehilangan sebagian besar cairan tubuhnya. Alhasil, kondisi tubuhnya dapat menjadi kering. Demikianlah ulasan mengenai alasan laron sering muncul ketika musim hujan. Semogabermanfaat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)