Lawan Kotak Kosong, Pengamat Nilai Pilkada Tangerang Tak Menarik

Senin, 25 Juni 2018 - 16:30 WIB
Lawan Kotak Kosong, Pengamat Nilai Pilkada Tangerang Tak Menarik
Lawan Kotak Kosong, Pengamat Nilai Pilkada Tangerang Tak Menarik
A A A
TANGERANG - Pengamat politik dari Lingkar Madani Ray Rangkuti menyatakan, calon tunggal Pilkada Kota dan Kabupaten Tangerang 2018 memiliki potensi menang yang besar menghadapi kotak kosong.

Namun, kemenangan tersebut tidak diikuti oleh partisipasi masyarakat yang tinggi. Sebaliknya, partisipasi masyarakat di dua wilayah tersebut trendnya menurun.

"Psikologi pemilih kita itu, kalau dia tidak suka, tidak minat, tidak tertarik. Dia tidak akan datang ke TPS," katanya, saat berbincang dengan Koran Sindo, Senin (25/6/2018).

Pilkada di Kota dan Kabupaten Tangerang yang hanya memiliki satu pasangan calon dari incumbent, menurut Ray, sangat tidak menarik. Hal ini juga terjadi di semua wilayah yang memiliki satu pasangan saja.

"Tingkat partisipasi pemilih yang rendah, membuat legitimasi masyarakat kecil terhadap pemimpin daerah yang terpilih. Namun, hal itu tidak penting. Bagi para politikus yang penting menang," jelasnya.

Lebih jauh, Ray mengaku pesimistis angka partisipasi masyarakat, pada 27 Juni bisa mencapai di atas 50%. Apalagi, hari itu masyarakat diliburkan oleh pemerintah.

"Prediksi saya tingkat partisipasi warga tidak sampai 50%, sekitar 40%. Apalagi lagi, ini masih moment libur Lebaran para pemilih baru, dan pada pencoblosan juga masyarakat diliburkan," sambungnya.

Seperti diketahui, Pilkada Kota dan Kabupaten Tangerang 2018 diikuti oleh satu pasangan calon. Masing-masing pasangan calon berasal dari incumbent.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6984 seconds (0.1#10.140)