alexametrics

Arus Mudik Melalui Bandara Soetta Capai 2,5 Juta Orang

loading...
Arus Mudik Melalui Bandara Soetta Capai 2,5 Juta Orang
Pemudik yang baru tiba dari kampung halamannya di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (20/6/2018). Foto/SINDOnews/Hasan Kurniawan
A+ A-
TANGERANG - Jumlah pemudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, mencapai angka lebih dari 2,5 juta penumpang. Terhitung, sejak H-8 sebelum dan H+3 setelah Idul Fitri 1439 Hijriah.

Executive General Manager PT Angkasa Pura 2 Cabang Bandara Soetta M Suriawan Wakan mengatakan, jika ditotal secara umum, jumlah pemudik yang datang dan pulang Lebaran berimbang.

"Angka 2,5 juta itu kalau kita lihat antara arus yang datang dan berangkat berimbang. Karena libur Lebaran tahun ini agak panjang, ditambah libur sekolah," ungkap Wakan, kepada Koran SINDO, Rabu (20/6/2018).



Ditambahkan dia, rata-rata penumpang yang pergi dan pulang dari Bandara Soetta, banyak berasal dari kota-kota besar Indonesia, seperti Surabaya, Yogja, Solo, Makassar, Medan, Padang, dan Denpasar.

"Kalau tujuan wisata liburan, masih didominasi Bali, dan juga kawasan Asia lainnya, seperti Kuala Lumpur, Malaysia, Singapura, Cina, Beijing dan Hongkong. Untuk Eropa tidak terlalu," jelasnya.

Jika dirata-rata, perharinya jumlah para pengguna jasa di Bandara Soetta, selama musim mudik ini mencapai 200 ribu penumpang. Hingga H+3 pukul 17.00 WIB saja, sudah ada 150 ribu penumpang.

"Rata-rata perharinya 200 ribu penumpang. Kita closhing di jam 23.00 WIB. Saat ini sudah 120 ribu penumpang. Kita lihat, angka tertinggi di H-2 Lebaran, sebanyak 210 ribu penumpang," sambungnya.

Kapolres Bandara Soetta AKBP Victor Togi Tambunan menambahkan, pada musim Lebaran tahun ini tidak ada laka lantas dan kejadian menonjol, meski pertumbuhan pemudik di Bandara Soetta cukup besar.

"Pertumbuhan pemudik cukup besar. Namun jika dibandingkan tahun lalu angkanya terus meningkat. Penumpang domestik yang datang dan keuar cukup imbang diangka 200 ribu," ungkapnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak