alexametrics

Pantau Arus Balik di Stasiun Gambir, Wakapolri: Belum Signifikan

loading...
Pantau Arus Balik di Stasiun Gambir, Wakapolri: Belum Signifikan
Ilustrasi, pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Foto: dok/SINDOnews/Komaruddin Bagja
A+ A-
JAKARTA - Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Syafruddin melakukan peninjauan arus mudik dan balik 2018 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan, saat ini belum terlihat arus balik yang signifikan hingga H+3 Lebaran usai melakukan kunjungan ke tiga lokasi, Pelabuhan Merak, Banteng, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sebelum ke Stasiun Gambir.

"Arus balik belum signifikan walaupun ada peningkatan. Saya mengunjungi tiga tempat, Merak, Soetta, dan Gambir. Bahkan masih ada arus mudiknya yang lebih besar dibanding arus balik," ujar Syafruddin usai melakukan kunjungan ke Stasiun Gambir, Senin (18/6/2018) malam.

Syafruddin mengatakan, prediksi arus balik akan terjadi pada Rabu atau Kamis pekan ini. Namun, prediksi tersebut bisa saja bergeser menjadi Sabtu atau Minggu karena masih panjangnya masa libur Lebaran.

Untuk menghadapi arus balik, pemerintah mengambil sejumlah kebijakan. Salah satunya dengan membuka tol fungsional jaringan Trans Jawa selama tiga hari mulai Senin (18/6/2018) pukul 06.00 WIB hingga Rabu 20 Juni 2018.

Seperti pada saat arus mudik sebelumnya, ruas tol fungsional dibuka 1 jalur 2 lajur, atau hanya satu arah, yaitu menuju Jakarta. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menyiapkan skema contraflow bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Polri dalam mengantisipasi kepadatan saat arus balik.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak