6 Ramuan Ajaib di Musim Hujan, Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Minggu, 04 Februari 2024 - 07:07 WIB
loading...
6 Ramuan Ajaib di Musim Hujan, Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Musim hujan bisa membawa penyakit, seperti pilek, batuk, flu, tipus, malaria, diare. Mengatasinya bisa dengan ramuan herbal ini. Foto/
A A A
JAKARTA - Musim hujan adalah musim yang membawa kegembiraan dalam kehidupan setiap orang. Orang-orang dari semua kelompok umur menantikannya karena ini dapat mencerahkan suasana hati dan menyegarkan setelah menahan panas terik selama berbulan-bulan.

Namun, musim dengan curah hujan yang berubah-ubah dan perubahan cuaca yang drastis, musim hujan bisa membawa beberapa penyakit, seperti pilek, batuk, flu, tipus, malaria, diare, dan demam berdarah.



Untuk itu, kita dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dengan menambahkan ramuan berikut dalam hidup kita di musim hujan ini. Dikutip times of india, berikut ulasannya.

1. Kemangi

Kemangi atau Tulsi mengandung antioksidan, sifat antipenuaan dan antiinflamasi. Di musim hujan, kemangi menjadi solusi. Secangkir teh kemangi panas dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Ini merangsang antibodi dalam sistem kekebalan tubuh manusia sehingga memberikan bantuan dari banyak penyakit.

2. Giloy

Flu musiman mudah disembuhkan dengan ramuan ajaib ini karena konsumsinya meningkatkan kekebalan kita dalam waktu singkat. Giloy mendetoksifikasi kulit dengan memberikan tekstur bercahaya selama musim hujan, di mana kelembapan menjadi tak tertahankan. Agen hipoglikemiknya melawan diabetes tipe 2 dan antioksidannya melawan radikal bebas dan membuang racun dari sistem. Ini adalah daun yang sangat baik untuk perawatan kesehatan di musim hujan.

3. Kunyit

Bumbu berwarna kuning keemasan ini ditemukan di setiap dapur India. Ini adalah bahan utama dalam banyak produk perawatan kulit dan ketika ditambahkan ke segelas susu panas, dengan cepat meningkatkan kekebalan. Ini juga menyembuhkan luka dan meredakan nyeri tubuh kronis yang sulit disembuhkan di musim hujan.

Kunyit melembabkan kulit kering akibat kelembapan di musim hujan. Siapkan 'kadha' untuk melancarkan pencernaan saat hujan. Khasiatnya yang luar biasa meningkatkan laju metabolisme tubuh sehingga membantu penurunan berat badan.

4. Triphala

Triphala adalah obat ajaib untuk mengobati pilek, batuk, diare, asma, demam, sakit kepala, pencernaan yang terganggu dan sakit tenggorokan. Ini membantu pencernaan yang melambat selama musim hujan.

Kehadiran amla di dalamnya memberikan vitamin C bagi tubuh yang membantu menyembuhkan flu parah dan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim hujan. Triphala adalah pengatur usus dan pembersih darah yang sangat baik, juga menyembuhkan sembelit yang umum terjadi di musim hujan.

5. Jahe

Sakit tenggorokan, pilek, batuk, flu dapat dengan mudah diobati dengan jahe. Ini menyembuhkan tubuh secara alami dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe mengandung sifat anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur, anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu dalam cuaca musim hujan yang panas.


6. Akar manis

Akar manis adalah ramuan yang diperkaya dengan sifat anti-inflamasi dan anti-virus. Ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi orang-orang yang menderita masalah pernapasan seperti asma, atau pilek disertai batuk parah. Karena musim hujan dapat memperparah masalah pernapasan, ramuan ini adalah yang terbaik bagi mereka yang menghadapi masalah tersebut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3481 seconds (0.1#10.140)