alexametrics

Jelang Lebaran, Polda Metro Jaya Terjunkan Tim Pemburu Copet

loading...
Jelang Lebaran, Polda Metro Jaya Terjunkan Tim Pemburu Copet
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya membentuk tim pemburu copet untuk mengamankan mudik Lebaran 2018. Tim anti copet ini akan disebar di titik-titik rawan, seperti pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan tempat keberangkatan pemudik.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Niko Afinta mengatakan, tim anti copet ini tidak mesti memburu pencopet, tetapi juga pelaku premanisme dan yang mengganggu ketertiban umum.

"Targetnya tidak cuma copet, tetapi preman yang melakukan pemerasan atau yang meresahkan warga, jambret, timer, pak ogah, dan kejahatan jalanan lainnya," ujar Niko, Jumat (8/6/2018).

Menurut Niko, tim anti copet ini akan ditempatkan di titik-titik rawan, seperti stasiun, bandara, terminal, mal, pasar tradisional, serta tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi masyarakat.



Tim anti copet ini ada yang sifatnya stasioner dan ada juga yang mobile. "Penempatan anggota sesuai kring serse-nya masing-masing. Ada yang stand by ada yang mobile," ungkapnya.

Niko menambahkan, tim anti copet ini dibentuk untuk menindaklanjuti atensi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis yang mengarahkan jajarannya untuk melakukan tangkap tangan terhadap pelaku premanisme dan kejahatan jalanan. (Baca juga: Kapolda Metro Minta 3 Tempat Ini Dibersihkan dari Aksi Premanisme)

"Kalau cuma garuk (angkut), yang lagi nongkrong digaruk tidak efektif, karena nanti dikembalikan setelah dilakukan pendataan. Lebih efektif kalau anggota mengawasi di terminal, misalnya ada yang melakukan pemalakan langsung tangkap, jadi ada barang bukti dan ada korbannya sehingga bisa diproses pidana," tegasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak