MotoGP Argentina 2024 Terancam Batal Buntut Kebijakan Presiden Sunat Anggaran

Senin, 29 Januari 2024 - 18:00 WIB
loading...
MotoGP Argentina 2024 Terancam Batal Buntut Kebijakan Presiden Sunat Anggaran
MotoGP Argentina 2024 Terancam Batal Buntut Kebijakan Presiden Sunat Anggaran
A A A
BUENOS AIRES - Kabar buruk datang menjelang MotoGP 2024 bergulir. Balapan seri ketiga musim depan, yakni GP Argentina 2024, yang dijadwalkan dihelat pada 5-7 April mendatang terancam batal.

Menurut laporan Speedweek yang dilansir pada Senin (29/1/2024), hal itu terjadi karena kebijakan penghematan radikal yang dilakukan oleh Presiden anyar Argentina, Javier Milei. Proses pembatalannya disebut sedang dalam pembahasan dan dapat diputuskan paling cepat pada pekan ini.

Untuk diketahui, sejak terpilih pada 10 Desember lalu, Presiden Javier Milei, menerapkan kebijakan pemangkasan biaya di semua bidang. Salah satu yang dilakukannya adalah jumlah kementerian yang dikurangi separuhnya dari 18 menjadi sembilan saja.



Oleh karena itu, anggaran biaya penyelenggaraan MotoGP Argentina 2024 bakal terkena imbasnya. Sebab, balapan motor yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo itu menerima sejumlah besar uang dari negara lewat Pemerintah Provinsi Santiago del Estero dan promotor swasta untuk menggelarnya.

Sebelumnya, pada 19 Januari lalu, Kejuaraan Grand Prix Motocross (MXGP) yang sedianya dihelat untuk kali pertama di Argentina, tepatnya di Sirkuit Neuquen bakal dibatalkan. Namun, pada akhir pekan lalu telah dikonfirmasi bahwa balapan Motocross terelite di dunia itu tetap akan menggelar seri di Argentina pada 9 dan 10 Maret mendatang berkat kerja sama semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

Sampai saat ini, sebagian besar tim MotoGP belum diberitahu oleh Asosiasi Tim MotoGP (IRTA), mengenai terancamnya pembatalan GP Argentina 2024. Walaupun begitu, mayoritas tim dilaporkan telah menduga bahwa balapan yang dimenangkan Marco Bezzecchi tahun lalu tersebut tak akan jadi dihelat pada tahun ini.

Jika jadi dibatalkan, maka akan ada jeda waktu tiga minggu antara balapan di Portugal pada 24 Maret dan balapan di Amerika Serikat pada 14 April. Namun, bukan tidak mungkin akan ada sirkuit yang ditunjuk mengisi kekosongan tersebut untuk menggelar balapan.

Sebab, ada nama Sirkuit Balaton Park di Hungaria yang masuk sebagai trek cadangan dalam kalender MotoGP 2024. Akan tetapi, waktu yang singkat saat ini dengan tanggal yang dijadwalkan nampaknya bakal sulit untuk mereka menggantikan balapan yang dibatalkan di Argentina.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)