E-KTP Tercecer, Polisi Sebut Sedang Dipindahkan ke Gudang Kemendagri

Senin, 28 Mei 2018 - 12:37 WIB
E-KTP Tercecer, Polisi Sebut Sedang Dipindahkan ke Gudang Kemendagri
E-KTP Tercecer, Polisi Sebut Sedang Dipindahkan ke Gudang Kemendagri
A A A
JAKARTA - Kasus tercecernya ribuan E-KTP di Jalan Raya Kemang, Kabupaten Bogor terus diselidiki oleh polisi. Setelah melakukan olah TKP, polisi menemukan sebuah gudang yang berisi ribuan E-KTP.

Kapolres Bogor AKBP Abdi Mochamad Dicky Pastika mengatakan, petugas sudah menemukan objek E-KTP yang sebelumnya tercecer di daerah Selabenda, Kemang, Kabupaten Bogor. Petugas menemukan E-KTP itu pada Minggu 27 Mei 2018 dinihari sekitar pukul 01.30 WIB.

"Jadi KTP itu ditemukan petugas di Gudang Kemendagri Semplak, Kemang, Bogor," katanya melalui siaran persnya, Senin (28/5/2018).

Dicky menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan pihaknya, saat E-KTP itu tercecer memang sedang dilakukan pemindahan ke gudang milik Kemendagri di Semplak. "Dalam kasus ini sudah diperiksa 17 saksi, termasuk Staf Ditjen Dukcapil Kemendagri dan supir kendaraan," terangnya.

E-KTP yang berada di gudang Kemendari Semplak itu merupakan barang rusak yang tidak dapat dipergunakan dan menunggu pemusnahan. "Untuk pemusnahan KTP tersebut belum dapat dilaksanakan karena KTP termasuk dokumen atau barang spesifik yang pemusnahannya harus dilindungi aturan. Sementara aturan SOP-nya belum ada," terangnya.

Mengenai salah satu E-KTP yang viral dari Sumatera Selatan, kata Dicky, itu kebetulan berasal dari satu bundle KTP pengembalian dari Sumsel. "Itu memang satu bundle dan kesalahan dari KTP itu di input data tanggal lahir," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4840 seconds (0.1#10.140)