Mengenang Aminah Cendrakasih, Mendiang Artis Senior Indonesia yang Muncul di Google Doodle

Senin, 29 Januari 2024 - 12:12 WIB
loading...
Mengenang Aminah Cendrakasih, Mendiang Artis Senior Indonesia yang Muncul di Google Doodle
Aminah Cendrakasih muncul di Google Doodle dengan mengenakan kerudung berwarna putih dan batik berwarna merah. Foto/Instagram @sidoelanaksekolahan
A A A
JAKARTA - Google Doodle tampil berbeda pada Senin (29/1/2024) ini. Bukan lagi menampilkan tulisan Google berwarna-warni, tapi menghadirkan sosok wanita berkerudung dalam sebuah frame TV.

Diketahui bahwa wanita tersebut adalah almarhumah Aminah Cendrakasih. Google menyebut Aminah merupakan salah satu entertainer paling produktif dan populer di Asia Tenggara pada masanya.

Aminah Cendrakasih mejeng di Google Doodle dengan mengenakan kerudung berwarna putih dan batik berwarna merah. Di sisi kiri dan kanannya tersemat tulisan Google dalam bentuk bunga yang cantik.



Aminah Cendrakasih merupakan sosok yang lebih dikenal sebagai Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak Sekolahan. Ia juga telah muncul di hampir 120 film di sepanjang lima dekade kariernya.

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 29 Januari 1938. Tepat di hari ini pula Aminah berulang tahun yang ke-86.
Mengenang Aminah Cendrakasih, Mendiang Artis Senior Indonesia yang Muncul di Google Doodle

Istimewa

Aminah Cendrakasih lahir dari keluarga seniman. Ayahnya merupakan komedian, sementara ibunya adalah seorang aktris. Sejak masa remaja Aminah sudah mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarier di dunia hiburan.

Pada 1955, Aminah melakukan debut lewat film Oh, Ibuku. Di tahun yang sama, ia berakting bersama ibunya dalam film Gambang dari Semarang dan mendapatkan peran utama pertamanya lewat film Ibu dan Putri.



Penampilan kharismatik Aminah di Serampang 12, sebuah film tari populer yang berpusat pada kisah cinta dewasa, memikat penonton di seluruh Indonesia. Ketenarannya meroket setelah itu.

Selama beberapa dekade berikutnya, Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan (Taman Harapan) dan Si Doel Anak Sekolahan (Doel Anak Sekolah). Penampilannya yang mengharukan memenangkan dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)