Spesifikasi Honda Prelude, Sedan Antik yang Kini Menjadi Harta Karun

Minggu, 28 Januari 2024 - 23:02 WIB
loading...
Spesifikasi Honda Prelude, Sedan Antik yang Kini Menjadi Harta Karun
Honda Prelude. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Bicara mobil coupe asal Jepang seken tidak jauh-jauh dari Toyota Celica, Nissan Silvia atau bahkan Mazda R-X. Padahal, ada model JDM yang seolah terlupakan: Honda Prelude.



Honda Prelude adalah sports coupe yang diproduksi Honda dari 1978 hingga 2001. Eksistensinya cukup lama. Bahkan, mencapai lima generasi.

Mnggunakan basis Honda Accord, Honda Prelude terakhir diproduksi pada 2001 untuk digantikan oleh Honda Integra. Yang unik, nama Prelude sebenarnya merek dagang Toyota. Tapi, kemudian diberikan kepada Honda, melengkapi nama-nama mobil Honda yang bertema musik, yakni Accord, Quintet, Concerto, Jazz dan Ballade.

Honda Prelude lansiran tahun 2001 (generasi terakhir) ini dipasarkan oleh akun Instagram @Yourcar_id. Spesifikasi dan performanya cukup bikin deg-degan.

Mobil 2-door coupé tersebut dibekali jantung mekanis 2.2 VTEC DOHC yang memompa tenaga hingga 200 HP. Siap diajak ngebut. Transmisinya menggunakan 4Speed Sequential SportShift Automatic. Sudah memiliki Cruise Controlm, juga dilindungi Dual SRS Airbag.

Secara desain, jelas sangat ikonik. Ya, mungkin memang tidak untuk semua orang. Anda akan lebih mudah relate ke Toyota Celica.

Bonetnya panjang. Velg standarnya adalah 16-inci, dengan ban 205/50 R16.

Lampu utamanya besar dan lebar sekali, mengambil cukup banyak porsi di bagian depan mobil. Begitupun fog lamp-nya. Harap diingat, mobil ini lahir ketika film Fast and the Furious pertama dibuat.

Saat itu, Honda Civic Genio sedang naik daun. Jadi, Anda bisa menemukan garis desain yang kurang lebih mirip. Terutama bentuk lampu belakangnya, lekukan sudut-sudut di bodi, bahkan ukuran grill yang mungil.

Masuk ke bagian dalam, terlihat interiornya cukup sederhana. Tapi masih ada sentuhan kemewahan masa lalu. Jok kulitnya warna beige. Kabinnya terasa jadul, tapi masih terlihat sangat nyaman. Dan tidak sempit-sempit amat. Rasanya pasti mengasyikkan untuk duduk di balik roda kemudinya dan jalan-jalan santai di Minggu pagi. Fitur lain ada electric folding mirror.

Penjualnya mengklaim bahwa mobil berpenggerak roda depan ini baru menunjukkan angka ODO meter 66.000 km. Artinya, mobil ini jarang sekali digunakan alias lebih banyak disimpan. Pemilik sebelumnya tahu bahwa Honda Prelude ini sangat spesial.

Berapa harga untuk meminangnya? Cukup siapkan Rp278.000.000, lebih murah dibandingkan Toyota yang mesin lebih kecil, 1800 cc, dan banderol Rp350 juta sampai lebih dari Rp400 juta.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)