alexametrics

Polda Siagakan 300 Personel Urai Kemacetan Selama Ramadhan

loading...
Polda Siagakan 300 Personel Urai Kemacetan Selama Ramadhan
Sebanyak 300 personel Ditlantas Polda Metro Jaya dikerahkan untuk mengurai kemacetan selama Ramadhan.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Untuk mengurai kemacetan selama bulan Ramadan ini, Ditlantas Polda Metro Jaya menyiagakan 300 personel. Seluruhnya ditempatkan di lokasi rawan kemacetan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, telah menyiapkan 300 personel yang disiagakan di semua titik rawan kemacetan, mulai dari lokasi perbelanjaan, jajanan untuk berbuka, pun jalan protokol. ā€¯Sebanyak 300 personel itu disiagakan mukai pukul 16.00 WIB hingga 20.00 WIB," kata Yusuf kepada wartawan Senin (21/5/2018).



Meski menyiagakan ratusna personel, Yusuf tetap meminta masyarakat untuk bisa berkendara dengan baik. "Kita juga minta masyarakat lebih bisa tertib dan patuh pada peraturan," ujarnya.

Kasubdit BinGakum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menambahkan, personel yang disiagakan itu juga akan membuka kemacetan. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta guna mengamankan lalu lintas. "Kami sudah siapkan tim pengurai kemacetan," tegasnya.

Ketua Forum Warga Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan menegaskan, masalah kemacetan di Jakarta baik selama Ramadhan maupun hari biasa itu sama. "Apalagi bulan puasa, banyak masyarakat justru menggunakan kendaraan pribadi dengan alasan tidak ada angkutan umum kalau pulang malam," ujarnya.

Menurutnya, selama bulan Ramadhan banyak aktivitas masyarakat yang bertambah hingga malam hari sedangkan angkutan umum tidak banyak yang beroperasi sampai tengah malam. Dia mencatat, paling standar masyarakat menyudahi malam Ramadhannya sekitar pukul 21.00 WIB.

Namun, ada juga yang hingga larut malam sekitar pukul 00.00 WIB. Mestinya, pemerintah daerah juga memikirkan hal tersebut. "Kalau bisa ada penambahan armada dan jam operasional pada Ramadhan," tegasnya.

Sehingga, pengentasan masalah kemacetan yang paling utama adalah peningkatan kualitas angkutan massal. Sehingga, masyarakat Ibu Kota punya pilihan untuk menggunakan angkutan umum. "Mau bulan puasa atau tidak pasti macet, makanya satu solusinya adalah peningkatan kualitas angkutan umum," ujarnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak