Katulampa Sempat Siaga III, 4 Rumah di Bogor Hancur Diterjang Longsor

Senin, 21 Mei 2018 - 15:02 WIB
Katulampa Sempat Siaga III, 4 Rumah di Bogor Hancur Diterjang Longsor
Katulampa Sempat Siaga III, 4 Rumah di Bogor Hancur Diterjang Longsor
A A A
BOGOR - Tujuh kepala keluarga (KK) di Kampung Sukajadi, Bondongan, Bogor Selatan, Kota Bogor, diungsikan ke tempat yang lebih aman, setelah rumah mereka rusak berat diterjang longsor. Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor pada Minggu, 20 Mei 2018 malam tadi membuat sejumlah rumah warga diterjang longsor.

Tak itu saja, hujan deras ini juga membuat ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa menyentuh angka 150 cm atau siaga III. Berdasarkan data dihimpun, dari tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor peristiwa longsor yang menerjang Kampung Sukajadi, Kelurahan Bondongan itu terjadi pukul 20.00 WIB, saat hujan deras.

"Jadi penyebabnya karena intensitas curah hujan yang tinggi, membuat derasnya luapan aliran air sungai Cipakancilan menggerus bibir tebing hingga mengakibatkan longsor," ungkap Kepala Pusdalops BPBD Kota Bogor Ahmad Maulana, Senin (21/05/2018).

Maulana melanjutkan, derasnya aliran air itu menggerus tanah longsor sepanjang 30 meter dengan lebar tujuh meter. "Longsor ini mengakibatkan 4 rumah yang dihuni oleh 7 KK atau 20 jiwa terkena longsor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bogor Deden Solehudin menambahkan, saat terjadi longsor ada warga yang terjebak di dalam rumah. "Ada seorang warga bernama Brenda enggan keluar hanya karena hewan peliharaanya terjebak. Tapi akhirnya kita berhasil mengevakuasinya untuk keluar, karena kondisinya saat itu cukup membahayakan," katanya.

Longsor tersebut nyaris membuat sebuah rumah terbawa hanyut. Bahkan terlihat dari luar kamar mandi, ruang tamu, hingga dapur sudah mengantung tak ada pondasi dibawahnya sungai."Alhamdulillah saat ini petugas gabungan baik dari Tagana maupun BPBD Kota Bogor, tengah menyisir lokasi untuk mengungsikan warga sekitar. Namun di lokasi longsor, warga diimbau agar berhati-hati adanya pergerakan tanah susulan. Petugas memperkirakan ada 10 rumah terdampak bahaya," ujarnya.

Sementara itu, petugas jaga Bendung Katulampa M Jaenudin saat dikonfirmasi kondisi ketinggian air sungai Ciliwung hingga pukul 12.00 WIB, Senin (21/05/2018) sudah mulai menurun yakni 30 cm dengan status normal. "Saat ini cuaca di sekitar Bogor mendung, jika hujan kembali turun di sore hari tak menutup kemungkinan ketinggian air Sungai Ciliwung kembali naik. Maka dari itu warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung agar tetap waspada," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9469 seconds (0.1#10.140)