5 Daftar Raja Kerajaan Demak dari Awal hingga Keruntuhannya

Jum'at, 26 Januari 2024 - 08:43 WIB
loading...
5 Daftar Raja Kerajaan Demak dari Awal hingga Keruntuhannya
Raden Patah merupakan salah satu raja Kerajaan Demak yang juga berstatus sebagai pendiri kerajaan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
Ini daftar raja Kerajaan Demak yang bisa diketahui. Salah satunya adalah Raden Patah yang juga berstatus sebagai pendiri kerajaan.

Kerajaan Demak menjadi kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Keberadaannya sendiri diperkirakan muncul sekitar abad ke-15.

Pada riwayatnya, eksistensi Demak sebagai sebuah kerajaan ditandai dengan runtuhnya Majapahit. Sebagai informasi, dulunya wilayah Demak memang sempat menjadi salah satu bagian dari Kerajaan Majapahit.

Pendiri Kerajaan Demak adalah Raden Patah. Sementara masa kejayaannya terjadi ketika era pemerintahan Sultan Trenggono (1521-1546).



Sepanjang keberadaannya, Kerajaan Demak telah dipimpin beberapa penguasa yang berbeda. Berikut daftarnya yang bisa disimak.

Daftar Raja Kerajaan Demak

1. Raden Patah

Sedikit dijelaskan di atas, Raden Patah adalah pendiri sekaligus raja pertama dari Kerajaan Demak. Ia berkuasa sekitar tahun 1500-1518.

Mengutip Repository Kemdikbud, Kamis (25/1/2024), Raden Patah diketahui sebagai salah satu keturunan Brawijaya V, mantan Raja Majapahit. Saat memimpin Demak, ia banyak mendapat dukungan dari tokoh-tokoh Muslim yang lebih dikenal dengan sebutan Wali Songo.

Selama era kepemimpinannya, Demak telah menjelma sebagai pusat penyebaran agama Islam. Selain itu, wilayah kekuasaannya meliputi beberapa daerah seperti Jepara, Tuban,
Sedayu, Palembang, dan sejumlah kawasan lain di Kalimantan.

Pada masa Raden Patah juga, dibangun Masjid Agung Demak yang dibantu para
wali dan sunan. Setelah wafat pada 1518, penggantinya sebagai Raja Demak adalah Pati Unus.

2. Pati Unus

Pati Unus adalah putra Raden Patah. Pemilik julukan Pangeran Sabrang Lor ini melanjutkan perjuangan yang sudah dibangun sang Ayah melalui Kerajaan Demak.

Masa pemerintahan Pati Unus memang tidak begitu lama. Namun, namanya telah dikenal sebagai sosok pemberani, termasuk ketika memutuskan menyerbu markas Portugis di semenanjung Malaka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)