PAM Jaya Siapkan Solusi Atasi Kelangkaan Air Bersih di Jakarta

Kamis, 17 Mei 2018 - 22:03 WIB
PAM Jaya Siapkan Solusi Atasi Kelangkaan Air Bersih di Jakarta
PAM Jaya Siapkan Solusi Atasi Kelangkaan Air Bersih di Jakarta
A A A
JAKARTA - Kemarau panjang yang melanda Jakarta beberapa pekan terakhir membuat stok air bersih terganggu. Imbasnya banyak warga Jakarta yang kini kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

Direktur Utama PAM Jaya, Erlan Hidayat, mengatakan, pihaknya telah mengupayakan solusi untuk mengatasi kekurangan pasokan air bersih di Jakarta. Salah satunya dengan cara menyuplai secara bergantian demi menjaga wilayah tetap kebagian air, sekalipun tidak 24 jam.

Ia berharap masyarakat dan beberapa mitra operator, seperti Plyja dan Aetra, mengkomunikasikan kepada pelanggan agar selalu berhemat air. “Hemat air itu mesti menjadi gaya hidup, karena semakin banyak kita pakai air semakin banyak kita memproduksi air limbah,” ujarnya, Kamis (17/5/2018).

Menurut Erlan, kondisi ini merupakan hal yang wajar. Kejadian semacam ini selalu terjadi setiap tahun sejak 2015 hingga 2017 lalu. Tahun ini kemarau sudah terjadi sejak April lalu. (Baca juga: Kemarau, Warga Jakarta Mulai Kesulitan Mendapatkan Air Bersih)

Untuk membantu mengatasi situasi ini, PAM Jaya akan membantu memelihara tinggi muka air (TMD) di sekitar Pintu Air Karet agar bisa dipertahankan pada level 4 meter, dimana saat ini hanya 2,7 meter.

“Kalau terlalu rendah, Palyja enggak bisa ambil airnya. Mempertahankan TMA bisa dilakukan dengan menutup sebagian pintu air di Karet, tapi jangan lupa, sedimen di sekitar pintu/ setelah pintu air juga mesti di-dredging (dikeruk) agar air tetap langsung lancar ketika pintu air dibuka kembali,” tuturnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4919 seconds (0.1#10.140)