Philippe Troussier Pelatih Pertama Dipecat usai Piala Asia 2023

Minggu, 21 Januari 2024 - 11:34 WIB
loading...
Philippe Troussier Pelatih Pertama Dipecat usai Piala Asia 2023
Philippe Troussier bakal menjadi pelatih pertama yang dipecat dari kursi kepelatihan usai Piala Asia 2023 / Foto: Soha.vn
A A A
Philippe Troussier bakal menjadi pelatih pertama yang dipecat dari kursi kepelatihan usai Piala Asia 2023 . Itu sebagaimana dilaporkan media China (163.com) dalam laporannya berjudul 'Pelatih Pertama yang Dipercat setelah Piala Asia'.

Kabar pemecatan Troussier menjadi perhatian penikmat sepak bola di Asia. Ini terjadi setelah ia gagal membawa Vietnam menang saat menghadapi Timnas Indonesia pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023.

Pada pertandingan yaang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/4/2024) malam WIB, Vietnam kalah dengan skor 0-1 melalui gol yang dicetak Asnawi Mangkualam melalui titik putih.



Hasil ini tentunya sangat mengecewakan buat publik sepak bola di Negeri Naga Biru. Pasalnya, sebelum pertandingan tersebut Timnas Indonesia punya catatan minor dengan belum pernah menang dalam enam pertandingan sebelumnya di semua kompetisi.

Alih-alih ingin memperburuk keadaan, Troussier justru membantu Indonesia mengakhiri rekor buruk tersebut. Tak hanya skuad Garuda saja, Shin Tae-yong juga berhasil menghapus rapor merah melawan Vietnam, yang sebelumnya belum pernah menang.

"Tim Vietnam bingung. Pelatih Troussier juga mengalami krisis kepercayaan. Pelatih pertama yang mungkin dipecat setelah Piala Asia terungkap dan kekalahan 7/8 pertandingan berturut-turut terakhir di semua kompetisi merupakan hasil mengecewakan bagi mantan pelatih di Liga Super China tersebut," tulis laporan media China, 163 seperti dikutip dari Soha.vn, Minggu (21/4/2024).



Lebih lanjut, media China melaporkan bahwa Troussier harus bertanggung jawab atas hasil minor ini. Sebelumnya, pelatih berkacamata itu pernah memimpin tim Jepang menjuarai Piala Asia 2000, namun sejak itu, pelatih Troussier tidak lagi meraih hasil kepelatihan yang luar biasa. Ia pernah melatih tim Shenzhen di Liga Super China namun kemudian tim tersebut terdegradasi. Selain itu, pengalaman melatihnya bersama tim Zhejiang juga tak membawa kesuksesan.

Bersama tim Vietnam, mantan pelatih Park Hang-seo memimpin tim selama lima tahun dengan banyak kesan. Ketika Coach Troussier menggantikan Coach Park, tim Vietnam sepertinya mengalami kemunduran. Pelatih Troussier dipertanyakan dan waktunya untuk meninggalkan tim Vietnam mungkin tidak lama lagi.

Troussier menerapkan filosofi peremajaan pada tim Vietnam. Namun hal itu menyebabkan tim mengungkapkan kelemahan pengalaman bermain hingga tersingkir lebih awal dari Piala Asia 2023.

Troussier dikenal sangat mendukung peremajaan di skuad Vietnam sejak ia menjabat. Khususnya, pemain-pemain lama seperti Nguyen Cong Phuong, Nguyen Quang Hai dan sejumlah nama lain tak lagi dilibatkan di Piala Asia 2023 karena berbagai alasan.

"Hal itulah yang menyebabkan tim muda Vietnam tampil tidak berpengalaman dalam pertarungan sesungguhnya dan segera tersingkir dari Piala Asia 2023," tulis media China, Sina.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)