11 Aturan Bagi Masyarakat Setelah Beraktivitas di Luar Rumah

Selasa, 11 Agustus 2020 - 22:05 WIB
loading...
11 Aturan Bagi Masyarakat Setelah Beraktivitas di Luar Rumah
Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wali Kota Depok Mohammad Idris menerbitkan Surat Edaran (SE) No 443/367-Huk/GT tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat Setelah Melakukan Aktivitas Perkantoran, Tempat Kerja dan Aktivitas Lainnya di Luar Rumah. Protokol kesehatan tersebut terdiri dari 11 poin yang perlu diterapkan masyarakat.

“Peningkatan kasus konfirmasi positif belakangan meningkat dari klaster pekerja, kantor atau kegiatan luar lainnya. Akibatnya memunculkan klaster keluarga sehingga saya mengeluarkan SE ini sebagai upaya pencegahan,” ujar Idris, Selasa (11/8/2020). (Baca juga: Tiga Pegawai PN Jakbar Positif Covid-19)

Poin pertama adalah melepaskan sepatu sebelum masuk rumah. Poin kedua, jangan menyentuh apapun sebelum cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Ketiga, meletakkan barang di tempat atau di kotak khusus. Poin keempat, melepaskan pakaian dan diletakkan pada tempat khusus atau langsung dicuci dengan detergen.

“Poin kelima ketika pulang dari aktivitas harus segera mandi. Kemudian, poin keenam jika tidak langsung membersihkan diri pastikan mencucikan tangan atau area terpapar udara luar,” katanya.

Ketujuh membersihkan gawai dan kaca mata dengan disinfektan. Delapan membersihkan semua benda yang dibawa dari luar juga dengan disinfektan.
(Baca juga: Sempat Lesu Akibat Covid-19, Perolehan Pajak Parkir Bekasi Kembali Meroket)

“Poin kesembilan menghindari kontak langsung dengan kelompok rentan seperti lansia, balita dan anak-anak. Selanjutnya poin kesepuluh antarkeluarga harus saling mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan bagi individu setiap keluar rumah,” ungkap Idris.

Terakhir, poin kesebelas adalah harus selalu menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan selalu mencuci tangan. “SE yang dikeluarkan merupakan upaya mencegah Covid-19 demi keselamatan bersama,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)