Kebiadaban Israel: Bencana Kelaparan Ancam Penduduk Gaza

Minggu, 21 Januari 2024 - 08:05 WIB
loading...
Kebiadaban Israel: Bencana Kelaparan Ancam Penduduk Gaza
Korban kebiadaban Israel. Foto/Ilustrasi: al Jazeera
A A A
Dunia sedang menyaksikan kelaparan yang berkembang di Gaza yang dapat menyebabkan kematian berkali-kali lipat lebih banyak dibandingkan 24.000 warga Palestina yang telah tewas dalam serangan kilat Israel yang tanpa ampun.

Bulan lalu, lebih dari 90 persen penduduk Gaza diperkirakan menghadapi kerawanan pangan akut tingkat tinggi, yang dikategorikan sebagai Fase 3 atau tingkat krisis.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 40 persen berada dalam keadaan darurat (Fase 4), dan lebih dari 15 persen berada dalam situasi bencana, yang merupakan fase kelima dan terakhir.



Kelaparan diperkirakan akan berkembang pesat dalam beberapa minggu mendatang. Pada awal Februari, jika tidak ada perubahan, seluruh penduduk Gaza diperkirakan akan berada dalam fase krisis, setengahnya berada dalam fase darurat, dan lebih dari setengah juta orang berada dalam fase bencana, dengan banyak rumah tangga yang mengalami kekurangan pangan dan kelaparan ekstrem. dan kelelahan.

Ini bukanlah proyeksi dari Kementerian Kesehatan Palestina, yang secara kolektif dianggap oleh media Barat sebagai “dikelola oleh Hamas”, namun dari Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (IPC), yang mengambil data dari badan-badan PBB dan LSM.

Tiga minggu yang lalu, IPC memperingatkan bahwa Gaza akan menjadi negara dengan jumlah penduduk tertinggi di dunia yang menghadapi kerawanan pangan akut – dan ternyata hal tersebut memang terjadi.

Kecuali para pendukung Israel di Barat menganggap Program Pangan Dunia (WFP), Unicef, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai “yang dikelola Hamas”, mereka akan semakin diwajibkan untuk mendengarkan mereka ketika mereka mengatakan bahwa truk-truk yang diizinkan masuk ke Gaza hanyalah sebagian kecil dari apa yang diizinkan oleh Hamas.



Kursi Tepi Ring Mesir

Salah satu negara yang berada di ambang bencana kelaparan yang terjadi hanya beberapa inci dari perbatasannya adalah Mesir.

Tanggung jawab mereka atas pengepungan Gaza saat ini, yang jauh lebih brutal dibandingkan periode mana pun selama 16 tahun terakhir, bersifat langsung.

Para jurnalis yang melakukan demonstrasi dadakan di luar markas Sindikat Jurnalis di Kairo benar ketika mereka mengatakan “Mesir adalah mitra dalam pengepungan tersebut.”

“Zionis mengendalikan kita… Selama darah Arab masih murah, tidak akan ada presiden mana pun. [Nelson] Cucu Mandela yang melakukannya. Dan kita berada dalam kepengecutan, rasa malu dan hina. Kami ingin penyeberangan [Rafah] terbuka,” teriak para jurnalis.

Pesan yang sama juga disampaikan oleh anak-anak yang mengejek tentara Mesir di pagar perbatasan: “Mereka bilang Mesir adalah ibu dunia. Pernahkah Anda melihat seorang ibu meninggalkan anak-anaknya sendirian? … Mereka semua telah pergi. Tuhan sudah cukup bagi kita,” kata salah satu dari mereka.

Sementara itu, para pejabat Mesir tampaknya tidak berpikir untuk memberikan angka-angka yang kontradiktif. Khaled Abdel Ghaffar, menteri kesehatan Mesir, mengatakan akhir bulan lalu bahwa Mesir telah menerima 20.000 warga Palestina yang terluka di sekitar dua lusin rumah sakit.



Hanya dua minggu kemudian, Diaa Rashwan, kepala Layanan Informasi Negara, mengatakan Mesir telah menerima 1.210 warga Palestina yang terluka.

Lebih dari 60.000 warga Palestina di Gaza terluka, dan beberapa di antaranya meninggal di ambulans saat mereka menunggu untuk keluar. Terkadang izin untuk pergi datang setelah pasien meninggal.

Israel tidak ragu untuk menyalahkan sekutu regionalnya. Saat membela diri pekan lalu terhadap tuduhan genosida di Pengadilan Dunia di Den Haag, tim pembela Israel menuduh Kairo bertanggung jawab mencegah masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza. Hal ini mempermalukan Mesir, dan Rashwan mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Rafah berada di bawah kendali Israel.

Dia mengatakan, sejujurnya, bahwa para pejabat tinggi Israel telah mengkonfirmasi berkali-kali sejak dimulainya perang “bahwa mereka tidak akan mengizinkan bantuan masuk ke Jalur Gaza, khususnya bahan bakar, karena ini adalah bagian dari perang yang dilancarkan negara mereka terhadap Jalur Gaza".

Posisi resmi Mesir adalah bahwa mereka hanya dapat mengontrol wilayah perbatasannya sendiri. Faktanya, kerja sama dengan Israel lebih dari itu.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)