Antisipasi Banjir, Pemkot Jakpus Inventarisir Titik Evakuasi

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:27 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Pemkot Jakpus Inventarisir Titik Evakuasi
Korban banjir mengungsi di tempat pengungsian. Foto/Dok/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat saat ini tengah mendata titik-titik evakuasi banjir . Hal itu dilakukan, sebagai langkah antisipasi banjir akibat curah hujan yang diperkirakan memiliki intensitas tinggi.

"Jadi mulai sekarang sudah diinventarisir titik evakuasi banjir, karena waktu kita masih cukup panjang. Karena kalau sampai ada pengungsian ya tentu perlakuannya beda dengan kondisi Covid-19 ini," kata Bayu kepada wartawan, Selasa (11/8/2020).

Bayu melanjutkan, pendataan itu dilakukan agar petugas lebih siap menghadapi musim penghujan nanti. ( )

"Misalnya seperti di Petamburan. Tahun lalu di Masjid Nur Islam lokasi itu jadi tempat evakuasi. (Sebelum pandemi Covid-19) itu bisa menampung 100 orang. Tapi sekarang tidak bisa karena hanya bisa 50 orang. Jadi harus dicari tempat lain yang sekelas itu lagi untuk menampung sisanya," tutur Bayu.

Dia menambahkan, saat semua sudah dipersiapkan, maka apabila banjir melanda warga sudah lebih siap. ( )

"Dengan menyiapkan lokasi evakuasi yang setara, jadi kegiatan menjaga jarak dan protokol kesehatan masih bisa dilakukan (di pengungsian banjir) karena masih pandemi," tambahnya.

Persiapan lainnya, Pemkot Jakpus juga telah memangkas pohon-pohon agar tidak membahayakan warga. ( )

"Kita kan mulai Agustus ini sudah ada peringatan hujan, bahkan dari Juli sempat ada hujan cukup besar. Jadi kita antisipasi, perubahan iklim di Jakarta Pusat khususnya di daerah rawan itu harus lebih diperhatikan," tutup Bayu.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)