Mau Lolos CPNS 2024 Tanpa Bimbel? Ini 3 Tips Belajar yang Bisa Dipraktikkan

Kamis, 11 Januari 2024 - 13:06 WIB
loading...
Mau Lolos CPNS 2024 Tanpa Bimbel? Ini 3 Tips Belajar yang Bisa Dipraktikkan
Salah satu tips belajar untuk lolos CPNS tanpa bimbel adalah menerapkan strategi belajar 4-1-1 yang artinya belajarlah selama 4 bulan berturut-turut, setiap harinya selama satu jam dan pelajari sebanyak satu bab. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Ini 3 tips belajar yang bisa dicoba untuk lolos seleksi CPNS 2024 tanpa bimbel. Ketatnya persaingan seleksi CPNS di setiap tahun membuat, banyak calon pendaftar yang berbondong-bondong mengikuti bimbingan belajar (Bimbel) untuk bisa lolos seleksi

Namun, tahukah kamu bahwa ada cara untuk lolos CPNS tanpa harus bergantung pada bimbel. Cara apakah itu? Mengutip akun TikTok @info.seputarcasn, artikel kali ini akan membahas tiga tips yang dapat membantu meraih kesuksesan seleksi CPNS 2024 tanpa bimbel, simak ya!

3 Tips Belajar untuk Lolos Seleksi CPNS 2024 Tanpa Bimbel


1. Terapkan Strategi Belajar 4-1-1


Salah satu kunci keberhasilan dalam menghadapi ujian CPNS adalah konsisten dalam belajar. Terapkan strategi belajar 4-1-1 yang artinya belajarlah selama empat bulan berturut-turut, setiap harinya selama satu jam dan pelajari sebanyak satu bab.

Dengan melakukan ini, kamu dapat memastikan bahwa materi yang perlu dipelajari tak menumpuk dan dapat diserap dengan baik oleh otak. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat agar otak tetap segar dan mampu menyerap informasi secara optimal.


2. Buat Tabel Target Belajar


Agar persiapan lebih terarah, buatlah tabel target belajar. Dalam tabel ini, catatlah bab yang sering keluar dalam ujian CPNS.
Hal ini akan membantumu fokus pada materi yang memiliki bobot tinggi dan memastikan bahwa waktu belajarmu dioptimalkan.
Perhatikan pula pola soal yang sering muncul agar kamu dapat menyesuaikan strategi belajar sesuai dengan kebutuhan ujian.

3. Belajar dengan Soal-soal CPNS Tahun Lalu


Salah satu cara efektif untuk memahami format dan jenis soal yang akan keluar dalam ujian CPNS adalah dengan belajar menggunakan soal-soal tahun sebelumnya.

Kamu dapat mencarinya secara online melalui Google atau membeli buku CPNS yang dilengkapi dengan pembahasan
Dengan memahami pola soal dan kunci jawabannya, kamu dapat meningkatkan kemampuan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ujian.

Ingatlah, kesuksesan dalam ujian CPNS tak hanya bergantung pada seberapa lama dan seberapa keras belajar, tetapi juga pada strategi yang diterapkan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)