Sempat Ditutup Usai Longsor, Jalur Puncak segera Dibuka Kembali

Jum'at, 30 Maret 2018 - 16:38 WIB
Sempat Ditutup Usai Longsor, Jalur Puncak segera Dibuka Kembali
Sempat Ditutup Usai Longsor, Jalur Puncak segera Dibuka Kembali
A A A
JAKARTA - Setelah ditutup selama lebih dari 24 jam akibat longsor susulan Rabu 28 Maret 2018 malam, Jalur Puncak, tepatnya mulai dari kawasan Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor hingga Puncak Pass, Desa Ciloto, Cipanas, Kabupaten Cianjur akhirnya kembali dibuka, Jumat (30/3/2018).

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat meninjau lokasi longsor di kawasan Puncak Pass. Namun demikian, Agung menegaskan, kendaraan yang bisa melintas hanya untuk kendaraan pribadi dengan tonase kecil.

"Ya, rencana hari ini sudah bisa dibuka untuk kendaraan dengan batasan tertentu seperti mobil. Kalau bus tetap belum bisa," katanya. (Baca Juga: Longsor, Jalur Puncak Ditutup Sepanjang 4 Kilometer
Alasan pihaknya untuk kembali membuka, menurut Agung, itu berdasarkan hasil dari kajian tim ahli Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menyatakan bahwa kondisi badan jalan di lokasi longsor masih stabil dan laik untuk dilalui kendaraan dengan tonase kecil.

"Bahkan, dalam waktu dekat, tim Kementerian PUPR akan melakukan pemaprasan tebing untuk pelebaran jalan agar bisa dilalui. 16 bangunan di atasnya akan dipindahkan untuk keselamatan," jelasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah akan segera berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk kembali membuka Jalur Puncak mulai dari Gunung Mas hingga Ciloto untuk kendaraan bertonase kecil.

"Tapi yang boleh melintas hanya mobil-mobil pribadi. Kita akan koordinasi dengan Satlantas termasuk Polres Bogor karena kan di sana (Gunung Mas) masih ditutup," ujarnya.

Meski hari ini sudah dinyatakan dibuka, pihaknya belum bisa memastikan waktu pembukaan tersebut dilakukan karena masih butuh beberapa persiapan.

"Nanti akan kami buka dulu pembatas ini supaya jalan lebih lebar paling tidak bisa dilalui mobil. Yang jelas hari ini akan kami dibuka tapi untuk waktu pastinya masih kita koordinasikan kembali," katanya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan kondisi arus lalu lintas mulai dari simpang Gadog, Ciawi hingga Gunung Mas, Cisarua sejak kejadian longsor tetap dipadati ribuan kendaraan yang hendak menghabiskan libur panjang akhir pekan.

Bahkan pihaknya, sempat melakukan survei di sejumlah hotel di Kawasan Puncak, Bogor, rata-rata tempat penginapan (hotel maupun vila) tersebut penuh pengunjung.

"Mungkin mereka yang tetap berangkat ke Puncak, memang banyak yang sudah memesan hotel untuk menisi libur panjang akhir pekan ini di Puncak," ungkapnya.

Lebih lanjut, AKP Hasby menjelaskan, arus lalu lintas di Jalur Puncak sendiri, mulai dari Kamis 29 Maret-Jumat 30 Maret 2018 masih terbilang cukup normal. Hal itu dikarenakan banyak para pengguna jalan sudah mengetahui penutupan jalur menuju Cianjur tersebut.

"Jadi, sudah banyak yang tahu adanya penutupan Jalur Puncak. Jadi kesadaran lalu lintas di Jalur Puncak ini menurun," tutupnya.

Hal senada diungkapkan Manager Talita Hotel and Resort Ciloto, Andi Noverico menjelaskan, penutupan Jalur Puncak akibat longsor yang terjadi Rabu 28 Maret 2018, nyaris tak ada pengaruh terhadap okupansi.

"Penutupan jalur kali ini tidak terlalu besar dampaknya, terbukti hingga saat ini kami belum ada permintaan cancel dari tamu yang sudah reservasi, hanya beberapa saja yang minta di-reschedule," katanya saat dihubungi SINDO, Jumat (30/03).

Pihaknya memperkirakan longsor susulan ini tak berdampak terhadap tingkat hunian hotel dikarenakan banyak calon wisatawan dari Jabodetabek yang sudah mengetahui jalur alternatif.

"Mungkin mereka (warga) belajar dari kejadian terdahulu juga, jika ada penutupan jalur akibat longsor, mereka ke Puncak Cipanas bisa lewat jalur alternatif Sukabumi atau Jonggol. Selain itu banyak yang googling juga cari jalan alternatif," jelasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4862 seconds (0.1#10.140)