Penelitian Terbaru, Alien Dapat Hidup di Planet Venus

Sabtu, 06 Januari 2024 - 20:00 WIB
loading...
Penelitian Terbaru, Alien Dapat Hidup di Planet Venus
Para ilmuwan tengah mengkaji awan asam sulfur Venus sebagai tempat potensial bagi kehidupan. (Foto: Space.com)
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan tengah mengkaji awan asam sulfur Venus sebagai tempat potensial bagi kehidupan. Penelitian ini melibatkan cabang baru astrobiologi dan kimia organik. Hasilnya cukup mencengangkan, alien ternyata dapat hidup di planet ini.

"Pencarian tanda-tanda kehidupan di luar Bumi menjadi motivasi dalam eksplorasi planet modern, tetapi kehidupan di planet lain tidak harus memiliki bio kimia yang sama dengan kehidupan kita di Bumi," kata Janusz Pętkowski, peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Cambridge dilansir dari Space.com, Sabtu (6/1/2024).

Kehidupan, kata dia, memerlukan medium cair untuk berfungsi, namun tidak harus selalu berupa air. Temuan dari penelitian baru ini, yang dipublikasikan di jurnal Astrobiology, adalah bahwa asam amino tetap stabil dalam asam sulfat pekat.

Hal ini sangat menarik, karena asam amino adalah bahan pembangun protein, yang sangat penting untuk kehidupan. Perlu dicatat, awan Venus sarat dengan asam sulfat. Planet ini selama ini sering disebut sebagai saudara Bumi. "Temuan ini secara signifikan memperluas rentang molekul yang relevan secara biologis yang dapat menjadi komponen kimia dasar berbasis pelarut asam sulfat yang terkonsentrasi," kata Pętkowski.


Pelarut untuk kehidupan


Pętkowski menunjuk pada pelarut cair potensial lainnya di awan planet dan bulan. Oleh karena itu, penting untuk memahami kimia dasar yang terjadi di pelarut alternatif potensial tersebut untuk kehidupan. “Untuk menilai apakah kimia organik kompleks dapat terbentuk di dalamnya, stabil, dan dapat larut. Di Bumi, air adalah cairan dominan, tetapi cairan pelarut lainnya juga hadir di tata surya kita," katanya.

Pętkowski tertarik pada penelitian terkait penelusuran kehidupan di eksoplanet, gas biosignature, dan kimia organik teoretis. Salah satu tujuan dari risetnya adalah menentukan apakah ada atau tidak hukum biologi universal yang dapat diidentifikasi, suatu penelusuran yang menggunakan simulasi komputer cheminformatics sebagai bantuan dalam merancang eksperimen laboratorium di masa depan.

Tim peneliti sangat tertarik pada asam sulfat pekat sebagai pelarut potensial bagi kehidupan. Tetes cairan asam sulfat pekat membentuk awan Venus. Konsentrasi asam dalam tetesan bervariasi dari 81% hingga 98% asam, dengan sisanya terdiri dari air.

Item penting yang dicampur ke dalam campuran awan Venus tersebut: Asam amino dan bahan organik lainnya terus-menerus disampaikan ke Venus dengan material meteorit.


Misi Masa Depan ke Venus


Dapatkah pelarut yang agresif di awan Venus mengatur ekosistem untuk kimia alien? Jika ya, maka tentu kehidupan seperti itu akan fundamental berbeda dari kehidupan di Bumi.

Pętkowski dan rekan-rekannya termotivasi untuk mempelajari kimia organik dalam asam sulfat konsentrasi, untuk melihat apakah reaksi kompleks semacam itu mungkin terjadi di lapisan awan Venus, sekitar 30 hingga 40 mil (48 hingga 64 kilometer) di atas permukaan.

Penelitian ini kemungkinan juga akan memberikan informasi bagi misi-misi masa depan ke planet Venus . Upaya ini termasuk misi Venus Life Finder, yang dijadwalkan diluncurkan menggunakan roket Electron dari Rocket Lab pada awal 2025, dan proyek-proyek berikutnya dari inisiatif Misi Bintang Pagi ke Venus yang dipimpin ahli astrofisika dan ilmuwan planet MIT, Sara Seager.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3867 seconds (0.1#10.140)