Matikan Lampu Satu Jam, Anies: Dapat Menghemat Listrik 30%

Sabtu, 24 Maret 2018 - 20:50 WIB
Matikan Lampu Satu Jam, Anies: Dapat Menghemat Listrik 30%
Matikan Lampu Satu Jam, Anies: Dapat Menghemat Listrik 30%
A A A
DEPOK - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pemadaman listrik dalam rangka mengkampanyekan Earth Hour 2018 dapat menghemat listrik hingga 30%.

"Kemarin dihitung oleh WWF mereka menghitung dan bisa sampai 30-an% di jam yang itu. Jadi selama sejam bisa sampai itu," kata Anies di Depok, Sabtu (24/3/2018).

Dia menambahkan, bahwa yang terpenting bukan pada persentase, namun lebih ke arah momentum berhemat energi listrik.

"Tapi sekali lagi bahwa ini bukan soal presentasenya menurut saya. Karena kalau bagaimanapun juga ini tidak akan banyak tetapi yang penting adalah peringatan bahwa mari kita berhemat, gunakan listrik seperlunya dan matikan lampu kalau tidak di pakai," tuturnya.

Selain itu, Anies menambahkan, cuaca di Ibu Kota Jakarta juga tak menentu. "Kita sudah rasakan sekali di Jakarta. Satu di pesisir seringkali kita kebanjiran, kebanjirannya kenapa karena ada permukaan air meningkat, rob itu kita rasakan," katanya.

Dia menjelaskan, persoalan lingkungan di Jakarta sangat dekat. Seperti banjir, penurunan permukaan tanah, longsor dan lain sebagainya.

"Air kita dari hulu datang ke sini mengakibatkan banjir di Jakarta, yang ketiga kerusakan lingkungan di kita sendiri. Bagaimana air tanah kita makin menurun. Permukaan tanah kita makin menurun, jadi bagi Jakarta persoalan lingkungan hidup bukan persoalan yang jauh tapi dekat. Dan kita harus menyadari ini," urainya.

"Jadi masalah lingkungan hidup adalah masalah keberlangsungan kita sebagai penghuni planet ini. Karena itu Jakarta dan warga semua harus sama-sama menyadari dan mengubah perilaku," tutup Anies.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1800 seconds (0.1#10.140)