Waspada, Begini Cara Petugas Bank Gadungan Tipu Korbannya

Kamis, 22 Maret 2018 - 15:03 WIB
Waspada, Begini Cara Petugas Bank Gadungan Tipu Korbannya
Waspada, Begini Cara Petugas Bank Gadungan Tipu Korbannya
A A A
JAKARTA - Pelaku penipuan dengan modus sebagai petugas bank, AZ (20) diringkus di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Dalam aksinya, pelaku biasa menelepon korbannya dengan menanyakan identitas nasabah bank tersebut.

Kanit III Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kompol Khairuddin mengatakan, modus pelaku melakukan aksinya kepada korban itu dengan cara menelpon korban. Salah satu korbannya anggota Bawaslu bernama Andi Maulana, dengan menyebutkan identitas dan informasi milik nasabah BRI.

"Pelaku sengaja menyebut identitas dan informasi korban yang merupakan nasabah salah satu bank di Indonesia itu, maksudnya agar korban percaya kalau dia benar-benar dihubungi karyawan bank," ujarnya pada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (22/3/2018).

Setelah korban percaya, kata dia, tersangka memberitahu korban memenangi hadiah dari BRI dan untuk pengambilan hadiah tersebut, tersangka akan mengirimkan kode OTP (One Time Password) sebanyak 6 digit yang akan dikirimkan pihak bank melalui SMS ke nomor telepon korban.

"Tersangka memerintahkan korban memeriksa SMS yang berisikan kode OTP. Setelah korban melihat adanya SMS berisi kode tersebut, tersangka meminta korban menyebutkannya untuk kode pengambilan hadiah dari bank," tuturnya.

Namun, tambahnya, bukannya mendapatkan hadiah, korban justru kehilangan sejumlah uang dalam rekeningnya. Sebab, pelaku melakukan transaksi belanja online di aplikasi MatahariMall.com, OVO TOPUP dan My Telkomsel menggunakan saldo atau uang yang ada direkening korban.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0266 seconds (0.1#10.140)