Tips Memilah Informasi di Medsos, Waspadai Hal Negatif yang Ganggu Kesehatan Mental

Kamis, 04 Januari 2024 - 22:36 WIB
loading...
Tips Memilah Informasi di Medsos, Waspadai Hal Negatif yang Ganggu Kesehatan Mental
Media sosial sudah menjadi konsumsi masyarakat. Tak hanya orang dewasa, anak-anak hingga remaja pun menggunakan. Foto/ YouTube.
A A A
JAKARTA - Media sosial sudah menjadi konsumsi masyarakat. Tak hanya orang dewasa, anak-anak hingga remaja pun menggunakan media sosial.

Namun perlu diingat, banyak hal negatif yang akan dialami seseorang bila tidak bisa memfilter informasi di media sosial. Salah satunya mengganggu kesehatan mental karena mereka akan merasa kecil hati melihat pencapaian orang lain, terutama anak muda.

Caleg DPRD Provinsi Banten Dapil 9 Partai Perindo, Ratu Dewi Nabilla menyampaikan pribadi anak muda belum stabil, ditambah lagi terpapar begitu banyak informasi. Menurutnya hal yang terpenting adalah untuk mengontrol diri sendiri.

"Coba untuk kontrol diri sendiri, mulai disiplin sama diri sendiri. Harus pintar pintar merasakan apa yg dirasakan diri," kata Ratu dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk 'Gen Z Rentan Alami Masalah Kesehatan Mental, Bagaimana Mengatasinya?', Kamis (4/1/2024).

Selain itu, Ratu mengatakan anak muda tidak boleh mudah menyerah untuk diri sendiri. Terutama dalam mengontrol diri sendiri.

"Jangan dengerin omongan orang lain, fokus untuk diri sendiri agar bisa fokus ke depannya," tutur dia.

Dan yang tak kalah penting adalah self love atau cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain.

"Gimana caranya lakukan apa yang kalian suka, misalnya kalian suka olahraga, suka ngobrol ya lakuin. Pastikan cinta untuk diri kalian cukup nah jalannya akan lebih muda," ucapnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)