alexametrics

Modal Boneka Jenglot, Tukiyono Dapat Uang Rp10 Juta

loading...
Modal Boneka Jenglot, Tukiyono Dapat Uang Rp10 Juta
Jenglot. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Polsek Metro Tanah Abang mengamankan pelaku penipuan bernama Tukiyono Ardiyanto alias Yono. Penipuan yang dijalankan Yono menggunakan modus boneka Jenglot.

Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono menjelaskan, Kamis,  22 Februari 2018 di rumah kontrakan pelaku yang beralamat di RT001/007 Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, datanglah korban bernama Mulyana dan sang istri Tri Maryati.

"Tersangka mengatakan kepada korban bahwa tersangka bisa membantu orang kelilit hutang hingga orang memiliki toko banyak dan sukses yaitu dengan cara korban mengikuti sareat yang diperintahkan pelaku," terang Lukman di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Lukman menambahkan, persyaratan yang wajib diikuti oleh korban yakni membuang uang ke kali secara ikhlas sehingga keesokannya selama 40 hari berturut-turut uang korban akan kembali secara melimpah sesuai jumlah uang yang dibuang.

Saat menjalankan aksinya, tersangka memperlihatkan kepada korban yaitu kotak coklat berisi jenglot yang menurut tersangka selama ini jenglot tersebut bekerja.

"Kemudian korban sepakat untuk memberikan uang Rp10 juta kepada tersangka. Selanjutnya tersangka memberikan kain kafan kepada korban yang menurut pengakuan tersangka kepada korban bahwa kain kafan tersebut berisi uang Rp10 juta, milik korban tersebut," lanjutnya.

Lukman melanjutkan, korban ditemani tersangka membuang bungkusan kain kafan tersebut ke kali yang berada di Jalan Penjernihan Raya.

"Namun setelah menjalankan sareat tersebut, korban tidak pernah mendapatkan uang seperti yang dijanjikan tersangka sehingga korban melaporkan tersangka ke Polsek Metro Tanah Abang," tuturnya.

Setelah mendapatkan laporan, anggota Polsek Metro Tanah Abang langsung memburu pelaku.

"Pelaku diamankan di rumah kontrakannya. Saat ini kami masih melakukan pemeriksaan," jelas Lukman.

Dari tangan tersangka, petugas menyita sehelai kain kafan yang berisi bunga, satu botol minyak wangi serimpi, satu buah kain kafan berbentuk kantong ukuran 5x10 cm berisi satu kertas bertuliskan Arab.

Selain itu petugas juga mengamankan satu botol air mineral, satu buah kotak persegi panjang warna coklat dengan ukuran 11 cm, lebar 4 cm, tinggi 5 cm yang berisi jenglot berisi kain kafan.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak