Otoritas Tertinggi Suku Palestina Tolak Pimpin Gaza setelah Invasi Israel

Selasa, 02 Januari 2024 - 19:40 WIB
loading...
Otoritas Tertinggi Suku Palestina Tolak Pimpin Gaza setelah Invasi Israel
Warga Gaza menderita setelah invasi Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Otoritas Tertinggi Suku Palestina di Jalur Gaza mengecam rencana yang diusulkan tentara Israel mengenai kemungkinan meningkatkan peran suku-suku tersebut untuk menguasai Jalur Gaza. Mereka justru meminta Hamas dan Fatah untuk bersatu.

Akef al-Masry, komisaris jenderal Otoritas Tertinggi untuk Suku Palestina, telah mengeluarkan peringatan terhadap rencana tersebut tentang penguatan perang mereka dalam memimpin Gaza.

“Negara pendudukan berusaha menutupi kegagalannya di Gaza dan menciptakan kebingungan dan perselisihan dalam masyarakat Palestina,” kata al-Masry, dilansir Al Jazeera.

Al-Masry menyerukan diakhirinya perpecahan Hamas-Fatah dan menekankan perlunya kepemimpinan nasional yang bersatu “untuk memperkuat ketabahan rakyat dan untuk mencegah peluang bagi semua rencana pendudukan”.

Sementara itu, Al Jazeera melaporkan empat warga Palestina tewas akibat pemboman Israel di kota Khan Younis.

Di kamp pengungsi Nuseirat, setidaknya seorang gadis tewas dan beberapa lainnya terluka setelah pesawat tak berawak Israel melepaskan tembakan ke pasar.



"Dengan setidaknya 22.000 warga Palestina dibantai di Gaza, Israel telah kehilangan kekuasaan penuh dari sekutu Barat, menurut Adel Abdel Ghafar," peneliti senior di Dewan Urusan Global Timur Tengah.

“Ketika adegan pembantaian, pengungsi, kematian anak-anak dan kelaparan memenuhi layar kita, keadaannya benar-benar berubah,” katanya kepada Al Jazeera. Dia menambahkan bahwa demonstrasi besar-besaran pro-Palestina di seluruh Eropa dan Amerika Serikat telah memberikan tekanan pada para politisi, termasuk beberapa orang di Eropa. negara-negara seperti Belgia mengubah sikap mereka terhadap Gaza dan menyerukan gencatan senjata, namun Israel dengan tegas menolaknya.

“Menarik juga untuk mengawasi politik AS mengingat ini adalah tahun pemilu dan peringkat Biden sedang turun. Ini akan menjadi faktor perhitungannya di tahun baru ini.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)