Jumlah Korban Tewas Gempa Jepang Capai 30 Orang

Selasa, 02 Januari 2024 - 14:11 WIB
loading...
Jumlah Korban Tewas Gempa Jepang Capai 30 Orang
Gempa mengguncang gempa pada tahun baru 2024. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Sedikitnya 30 orang tewas setelah gempa bumi dahsyat melanda Jepang pada Hari Tahun Baru. Tim penyelamat pada Selasa berjuang untuk mencapai daerah-daerah terpencil di mana bangunan-bangunan roboh, jalan-jalan rusak dan listrik padam hingga puluhan orang. dari ribuan rumah.

Gempa dengan kekuatan awal 7,6 skala Richter terjadi pada Senin sore, menyebabkan penduduk di beberapa daerah pesisir mengungsi ke tempat yang lebih tinggi ketika gelombang tsunami menghantam pantai barat Jepang, menyapu beberapa mobil dan rumah ke laut.

Ribuan personel militer, pemadam kebakaran, dan polisi dari seluruh negeri telah dikirim ke daerah yang paling parah terkena dampaknya di semenanjung Noto di prefektur Ishikawa.

“Pencarian dan penyelamatan mereka yang terkena dampak gempa adalah perjuangan melawan waktu,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida dalam pertemuan darurat bencana, dilansir Reuters.

Kishida mengatakan tim penyelamat merasa sangat sulit mencapai ujung utara semenanjung Noto karena jalan-jalan yang rusak, dan survei helikopter telah menemukan banyak kebakaran dan kerusakan luas pada bangunan dan infrastruktur.

Banyak layanan kereta api dan penerbangan ke wilayah tersebut telah ditangguhkan. Bandara Noto ditutup karena kerusakan pada landasan pacu, terminal dan jalan akses, dengan 500 orang terdampar di dalam kendaraan di tempat parkirnya, lapor lembaga penyiaran publik NHK.

Di Suzu, sebuah kota pesisir dengan lebih dari 5.000 rumah tangga di dekat pusat gempa, mungkin ada hingga 1.000 rumah hancur, menurut walikota Suzuhiro Izumiya.



“Situasinya sangat buruk,” katanya.

Di seluruh prefektur Ishikawa, pihak berwenang telah mengkonfirmasi 30 kematian sejauh ini, dengan setengah dari jumlah tersebut terjadi di Wajima, kota lain yang terkena dampak paling parah di ujung utara semenanjung yang terpencil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)