Dukung Program Ganjar-Mahfud Beri Insentif Guru Ngaji, Perindo: Perlu Disiapkan Payung Hukumnya

Selasa, 02 Januari 2024 - 11:06 WIB
loading...
Dukung Program Ganjar-Mahfud Beri Insentif Guru Ngaji, Perindo: Perlu Disiapkan Payung Hukumnya
Ketua Bidang Keagamaan DPP sekaligus Jubir Nasional Partai Perindo, Abdul Khaliq Ahmad mendukung wacana capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang akan menyiapkan anggaran sebesar Rp4 triliun untuk insentif guru agama dan guru ngaji Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Keagamaan DPP sekaligus Jubir Nasional Partai Perindo , Abdul Khaliq Ahmad mendukung wacana capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang akan menyiapkan anggaran sebesar Rp4 triliun untuk insentif guru agama dan guru ngaji jika nanti terpilih.

Abdul Khaliq menyebut alokasi dana insentif tersebut diperlukan payung hukum dalam bentuk Undang-undang (UU) dan turunannya. "Tentu dalam implementasinya nanti perlu payung hukum baik dalam bentuk UU atau ketentuan Perppu lainnya," ujar Abdul Khaliq, Selasa (2/1/2024).

Selain itu, perlu juga dibuatkan peraturan tersendiri mengenai tenaga pendidik keagamaan. "Ini tidak cukup hanya diintegrasikan ke dalam UU yang sudah ada," tambah Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat II meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat itu.



Abdul Khaliq berharap payung hukum terkait dengan program tersebut tidak hanya dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) maupun Peraturan Pemerintah (PP).

"Apalagi dalam bentuk Perpres atau PP, saya kira paling tepat untuk mengimplementasikan program unggulan peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik keagamaan diwujudkan dalam bentuk UU tersendiri yaitu UU tentang tenaga pendidik keagamaan," ungkapnya.



Sebelumnya, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang juga diusung oleh Partai Perindo tersebut memiliki program insentif untuk guru agama, termasuk pengajar pondok pesantren di seluruh Indonesia.

Ganjar-Mahfud telah menghitung anggaran yang akan digunakan bila nanti menang di Pilpres 2024.

Hal itu sampaikan Ganjar saat bersilahturahmi dengan Masyayikh di Pondok Pesantren An-Nawawi, Berjan, Purworejo, Jawa Tengah, Minggu, 31 Desember 2023. Turut hadir dalam acara itu Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan KH Achmad Chalwani Nawawi Al-Qodiri Ash-Shomadani.

"Kami sudah launching, waktu Pak Mahfud di Sabang bahwa seluruh guru agama mendapatkan insentif karena kita pernah praktikkan waktu di Jawa Tengah. Kita pernah hitung-hitung kurang lebih Rp4 triliun kalau pakai pola Jawa Tengah," kata Ganjar.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)