alexametrics

2019, Warga Bogor Bisa ke Bandara Soetta Pakai LRT

loading...
2019, Warga Bogor Bisa ke Bandara Soetta Pakai LRT
Pengerjaan proyek LRT di salah satu wilayah di Jakarta.Foto/SINDOphoto/DOk
A+ A-
JAKARTA - Keberadaan light rail transit (LRT) nantinya akan memudahkan masyarakat Bogor yang hendak ke Jakarta maupun Bandara Soekarno Hatta (Soetta). LRT tahap kedua nantinya akan tersambung hingga Bandara Soetta.

General Manager Departemen LRT PT Adhi Karya, Agus Karianto mengatakan, setelah tahap pertama selesai akan ada pembangunan tahap kedua yang jalurnya terintegrasi dari Jalan Gatot Subroto menuju Grogol dan Grogol menuju Bandara. "Jadi kalau ini memang terwujud, warga Bogor tinggal naik LRT menuju Bandara," kata Agus dalam acara media site visit di Pancoran, Jakarta Selatan.

Dalam acara yang berlangsung pada Selasa, 13 Maret 2018 malam tersebut SINDOnews berkesempatan berkununjung langsung ke pabrik pembuatan U-shape yang digunakan untuk jalur kereta LRT. Penggunan U-shape dalam pembangunan LRT memang menekan anggaran hingga 20% bila dibandingkan dengan teknik lain.

Untuk tahap pertama ini, pengerjaan sudah mencapai 34%. Tahap I terdiri dari tiga lintas pelayanan. Untuk lintas Cawang-Cibubur progresnya mencapai 57,550%, lintas Cawang-Dukuh Atas mencapai 18,216% dan lintas Cawang-Bekasi Timur progres pengerjaannya mencapai 39,587%.

Saat ini sudah mulai dilakukan pemasangan U-shape girder LRT dan ada juga proses pembangunan tiang LRT tersebut. "Tahap I panjangnya 44,3 kilometer, dan yang sudah terpasang U-shape diperkirakan ada 1.500," ujarnya.

Ditargetkan pembangunan LRT Jabodetabek ini akan selesai pada Mei 2019 dan sudah bisa dilakukan uji coba. "1 Mei 2019 kita sudah running test, Insya Allah kita harapkan tidak ada kendala," ujarnya.
(whb)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak