Rafael Nadal: Tahun 2024 Mungkin Musim Terakhir Saya!

Senin, 01 Januari 2024 - 22:02 WIB
loading...
Rafael Nadal: Tahun 2024 Mungkin Musim Terakhir Saya!
Rafael Nadal mengatakan bahwa mungkin tahun 2024 menjadi musim terakhirnya / Foto: Eurosport
A A A
BRISBANE - Rafael Nadal mengaku tak ingin terburu-buru memutuskan pensiun dari tenis. Petenis berusia 37 tahun itu menyatakan kariernya akan bergantung pada kondisi kebugaran tubuhnya.

Nadal baru saja kembali dari absen panjang karena mengalami cedera di Australia Open pada Januari 2023 silam. Petenis berjuluk The King of Clay itu menderita cedera pinggul yang mengharuskannya naik ke meja operasi.

Ternyata, cederanya lebih parah dari yang diperkirakan dan membuat Nadal absen dari bermain tenis kurang lebih satu tahun. Kini, Nadal siap kembali bermain di Brisbane International yang digelar pada 30 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.



Nadal akan berhadapan dengan petenis Austria, Dominic Thiem, pada putaran pertama, Selasa (2/1/2024). Jelang pertandingan, Nadal angkat bicara soal masa depannya di dunia tenis.

Nadal mengatakan belum berani untuk memutuskan kapan dirinya akan berhenti bermain tenis. Pemegang 22 gelar Grand Slam itu menjelaskan, dirinya akan berhenti bermain ketika sudah tidak sanggup.

"Masalahnya dengan mengatakan ini akan menjadi musim terakhir saya adalah saya tidak bisa memprediksi 100 persen apa yang akan terjadi di masa depan. Itulah kenapa aku bilang 'mungkin'," kata Nadal dilansir dari Tennis Head, Senin (1/1/2024).

Baca Juga:

"Jelas persentasenya tinggi karena ini akan menjadi kali terakhir saya bermain di Australia. Namun jika saya berada di sini tahun depan, jangan katakan kepada saya, 'Anda bilang ini akan menjadi musim terakhir Anda' karena saya tidak mengatakannya," sambungnya.

"Kamu tidak pernah tahu apa yang terjadi, tahu? Saya tidak bisa memprediksi bagaimana keadaan saya dalam enam bulan ke depan. Saya tidak dapat memprediksi apakah tubuh saya akan memungkinkan saya untuk menikmati tenis sebanyak yang saya nikmati dalam 20 tahun terakhir," imbuh Nadal.

Setelah melewati Brisbane International, Nadal kemungkinan akan kembali bermain di Grand Slam. Dia akan bermain di Australia Open 2024, turnamen yang akan berlangsung di Melbourne pada 14–28 Januari 2024 mendatang.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)