7 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Perempuan, Aman dan Sehat

Senin, 01 Januari 2024 - 12:50 WIB
loading...
7 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Perempuan, Aman dan Sehat
Ada beberapa cara menurunkan berat badan untuk perempuan yang aman dan sehat sekaligus ampuh mengecilkan perut buncit. Cara ini meliputi beberapa perubahan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara menurunkan berat badan untuk perempuan yang aman dan sehat sekaligus ampuh mengecilkan perut buncit. Cara ini meliputi membuat beberapa perubahan hidup sederhana dan mendukung tubuh lebih sehat.

Diet dan olahraga merupakan kunci penurunan berat badan bagi perempuan, namun banyak faktor lain yang berperan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa segala sesuatu mulai dari kualitas tidur hingga tingkat stres dapat berdampak besar pada rasa lapar, metabolisme, berat badan, dan lemak perut.

Untungnya, melakukan beberapa perubahan kecil dalam rutinitas harian dapat membawa manfaat besar dalam penurunan berat badan. Berikut cara menurunkan berat badan untuk perempuan dilansir dari Health Line, Senin (1/1/2024).

Cara Menurunkan Berat Badan untuk Perempuan





1. Kurangi Karbohidrat Olahan


Karbohidrat olahan mengalami pemrosesan ekstensif, sehingga mengurangi jumlah serat dan zat gizi mikro dalam produk akhir. Makanan ini meningkatkan kadar gula darah, meningkatkan rasa lapar, dan berhubungan dengan peningkatan berat badan dan lemak perut.

Oleh karena itu, sebaiknya batasi karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan makanan kemasan. Pilihlah produk gandum utuh seperti oat, beras merah, quinoa, soba, dan barley.

2. Olahraga


Latihan ketahanan membangun otot dan meningkatkan daya tahan. Ini sangat bermanfaat bagi perempuan di atas 50 tahun, karena meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh saat istirahat. Ini juga membantu menjaga kepadatan mineral tulang untuk melindungi terhadap osteoporosis.

Mengangkat beban, menggunakan peralatan olahraga, atau melakukan latihan beban tubuh adalah beberapa cara sederhana untuk memulai.

3. Minum Lebih Banyak Air


Minum lebih banyak air adalah cara mudah dan efektif untuk menurunkan berat badan dengan sedikit usaha. Menurut sebuah penelitian, meminum 500 ml air untuk sementara meningkatkan jumlah kalori yang terbakar sebesar 30 persen setelah 30–40 menit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)