alexametrics

Bus Transjabodetabek Dikawal Voorijder, Bekasi-Jakarta Hanya 1,5 Jam

loading...
Bus Transjabodetabek Dikawal Voorijder, Bekasi-Jakarta Hanya 1,5 Jam
Bus Transjabodetabek Premium yang berangkat dari Mega Bekasi City dan kawasan Light Rail Transit (LRT) City, Bekasi Timur. Foto:SINDOnews/Isra Triansyah
A+ A-
BEKASI - Sejumlah moda transportasi massal telah disiapkan sebagai solusi bagi warga Bekasi atas pemberlakuan sistem ganjil genap di Tol Bekasi Barat dan Tol Bekasi Timur. Salah satunya adalah Bus Transjabodetabek Premium yang berangkat dari Mega Bekasi City dan kawasan Light Rail Transit (LRT) City, Bekasi Timur.

Agar perjalanan dari Bekasi menuju Jakarta tidak mendapat hambatan saat melintas di Tol Cikampek, bus ini mendapat pengawalan khusus dari tim voorijder Kementerian Perhubungan (Kemenhub). "Mendapatkan pengawalan dari Kemenhub, agar perjalanan menuju DKI Jakarta dan (pulang) ke Bekasi menjadi cepat," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Senin (12/3/2018).

Pengawalan terhadap moda transportasi massal semacam ini sejatinya sudah diberlakukan pada Transjabodetabek beberapa waktu lalu. Saat ini, kata dia, pemerintah menyediakan bus Transjabodetabek Premium sebanyak 23 unit di Mega City Bekasi. (Baca: Ganjil Genap di Tol Bekasi, Penumpang Transjabodetabek Meningkat)



Adapun jadwal keberangkatannya, yakni pagi pada pukul 05.01 hingga 09.10 WIB sebanyak 22 keberangkatan dengan waktu kedatangan bus (headway) 10 menit. Rute yang dituju yakni PLaza Senayan, Podomoro City, Blok M, Kuningan, dan Thamrin City. Sementara jadwal kepulangan mulai dari pukul 16.00-21.30 WIB.

Di Tol Bekasi Timur disiapkan 21 bus Transjabodetabek dengan jadwal keberangkatan dari Bekasi ke Jakarta mulai pukul 05.30-09.00 WIB. Terdapat 22 kali frekuensi keberangkatan dengan trayek Grand Paragon, Tebet, Mall Sunter, Kalideres, Tanah Abang, dan Thamrin City. (Baca: Ganjil Genap Diterapkan, Menhub Minta Maaf kepada Warga Bekasi)



Salah seorang warga Bekasi, Tri Wahyono, mengaku cukup senang dengan adanya pengawalan dari voorijder Kemenhub tersebut. Sebab dapat mempersingkat waktu perjalanan menuju tempat kerjanya di Kawasan Podomoro City, Jakarta Barat. "Kalau bisa terus dipertahankan, karena bisa menjamin waktu tempuh penumpang ke tujuannya," kata Tri yang tadi pagi memilih naik bus Transjabodetabek lantaran mobilnya berplat ganjil.

Selama ini ia berangkat dari rumahnya di Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, menuju Jakarta melintasi ruas Tol Jakarta-Cikampek. Waktu tempuh perjalanan sekitar dua jam. Namun dengan pengawalan ini waktu tempuh hanya maksimal 1,5 jam. Selain waktu tempuhnya lebih singkat, fasilitas bus bertarif Rp20.000 per orang ini juga cukup lengkap. Bus itu dilengkapi televisi, kamera pengawas (CCTV), dan jaringan internet gratis (Wi-Fi), ditambah kursi empuk yang menghadap ke depan.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak