12 PTN yang Buka Prodi Kedokteran Baru di 2024, Cek Keunggulan Masing-Masing Kampus Yuk

Minggu, 31 Desember 2023 - 14:23 WIB
loading...
12 PTN yang Buka Prodi Kedokteran Baru di 2024, Cek Keunggulan Masing-Masing Kampus Yuk
Berikut ini 12 perguruan tinggi negeri (PTN) yang akan menerima mahasiswa baru di program studi (prodi) kedokteran di 2024. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Berikut ini 12 perguruan tinggi negeri (PTN) yang akan menerima mahasiswa baru di program studi (prodi) kedokteran di 2024. Berikut ini keunggulan masing-masing PTN dengan prodi Kedokteran terbarunya.

Calon mahasiswa baru tahun depan akan mempunyai banyak pilihan untuk masuk prodi Kedokteran. Tak hanya di PTN-PTN yang sudah eksisting namun di PTN-PTN yang

PTN-PTN yang sudah dan akan baru membuka prodi Kedokteran di 2024 itu pun tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera dengan keunggulan dan keunikan masing-masing prodi demi menciptakan lulusan dokter yang kompeten.

Baca juga: Mau Daftar Kedokteran di SNBP 2024? Catat! Nilai 3 Mata Pelajaran Ini Harus Bagus

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 12 PTN yang membuka prodi Kedokteran baru dan siap dipilih oleh calon mahasiswa baru.

12 PTN dengan Prodi Kedokteran Baru

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Prodi Kedokteran ITS akan mendukung dokter dalam kompetensi teknologi seperti AI, teknologi nano, data analytics, dan 3D Printing di bidang medis, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) ITS memiliki prodi Sarjana Kedokteran, Pendidikan Profesi Dokter, dan Teknologi Kedokteran.

2. IPB University


Kurikulum Fakultas Kedokteran (FK) IPB University menekankan kedokteran agro maritim dan pendekatan one health. Dokter lulusannya diharapkan mampu memahami keterkaitan antara kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan serta memberikan solusi komprehensif untuk menjaga kesehatan masyarakat dan keberlanjutan sektor agromaritim.

3. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Prodi Kedokteran Unnes dirancang untuk menghasilkan dokter unggul dalam kedokteran promotif dan preventif berbasis kedokteran digital dengan menerapkan nilai-nilai konservasi.

Baca juga: 9 PTN yang Memiliki Rumah Sakit Pendidikan, Fasilitas Penting untuk Daftar Kedokteran

4. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)


Prodi Kedokteran Unesa memiliki keunggulan dalam bidang keolahragaan. FK Unesa memiliki 56 dosen dari berbagai bidang ilmu.

5. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Prodi Kedokteran di UPI ini memiliki keunggulannya di bidang sport medicine and tourism sebagai bagian mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) terutama dukungan bagi atlet Indonesia.

UPI sudah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit bahkan telah memiliki sarana skylab yang akan bisa dipakai oleh dokter-dokter muda FK UPI.

6. UPN Veteran Jawa Timur


Prodi Kedokteran di UPN Veteran Jatim akan menciptakan lulusan yang dapat berkontribusi melalui berbagai peran seperti praktisi atau klinisi, peneliti atau akademisi, agen perubahan dan pembangunan sosial, pengambil keputusan / manager, pemimpin komunitas.

Baca juga: 3 Perguruan Tinggi Negeri yang Buka Jurusan Kedokteran Baru di Jalur Mandiri 2023

7. Universitas Bangka Belitung


Prodi Kedokteran Universitas Bangka Belitung akan menghasilkan lulusan dokter yang memiliki kompetensi unggul di bidang Functional Medicine on Degenerative Disease serta memiliki jiwa peradaban sebagai promotor dan preventer di bidang kesehatan.

8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


UNY bersiap membuka Fakultas Kedokteran pada tahun ajaran 2024/2025 mendatang. Fakultas Kedokteran UNY nantinya akan di bawah payung Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK)

9. Universitas Negeri Malang (UM)


Prodi Kedokteran Universitas Negeri Malang memiliki keunggulan dalam bidang olahraga yang bersifat promotif dan preventif untuk konsentrasinya. Lulusannya diharapkan tak hanya bisa menjadi dokter umum saja, akan tetapi punya hal yang lebih untuk melakukan pencegahan yang bersifat promotif dan preventif melalui olahraga.

10. Universitas Negeri Padang (UNP)


Prodi Kedokteran UNP memiliki kekhususan untuk menciptakan dokter yang unggul dalam manajemen risiko kesehatan bencana alam di tingkat nasional dan internasional. Selain itu UNP juga akan membuka program studi Kedokteran Hewan.

11. UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA)


Pembentukan prodi Kedokteran di UINSA yang akan berdiri nantinya akan bernuansa kedokteran berbasis pesantren. Fakultas Kedokteran UINSA ditargetkan mulai aktif pada Februari 2024.

12. UIN Walisongo Semarang


Selain mencetak dokter yang unggul, humanis, dan beradab, prodi Kedokteran UIN Walisongo Semarang mempunyai keunggulan ke arah regenerative medicine yaitu mengajarkan mahasiswa tentang stem cell atau sel punca selain itu juga diharapkan lulusan dokternya bisa menjadi case mix manager yang bisa menjembatani antara dokter klinis dan BPJS sesuai dengan ketentuan BPJS.

Demikian 12 PTN yang siap menerima mahasiswa baru prodi Kedokteran di 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)