Agnez Mo Disebut Tak Bayar Royalti Musik pada Komposer Ari Bias sejak 2004

Minggu, 31 Desember 2023 - 07:59 WIB
loading...
Agnez Mo Disebut Tak Bayar Royalti Musik pada Komposer Ari Bias sejak 2004
Agnez Mo dilarang menyanyikan lagu ciptaan Ari Bias karena belum membayar royalti. Foto/Instagram Agnez Mo
A A A
JAKARTA - Komposer Ari Bias tengah menjadi perbincangan publik usai melarang Agnez Mo menyanyikan lagu ciptaannya lantaran tak membayar royalti.

Ari Bias merupakan pencipta lagu-lagu populer Agnez Mo di awal kariernya. Seperti lagu Bukan Milikmu Lagi dan Bilang Saja.

Rupanya, persoalan royalti dengan Agnez Mo sudah dialami Ari sejak 2004. Ari mengaku sama sekali tidak mendapat sepeser pun royalti dari penampilan Agnez Mo.

"Dari lagu-lagu itu dirilis sejak 2004, saya tidak mendapat sepeser rupiah pun dari konser yang dibawakan Agnez," kata Ari Bias saat dihubungi awak media, Sabtu (30/12/2023).



Ari menjelaskan bahwa semua personel ataupun kru mendapat royalti setiap kali Agnez konser. Namun, hanya pencipta lagu yang tidak mendapatkan uang sepeser pun.

"Setiap Agnez konser, semuanya dapat uang langsung, ada soundman, kru, dan lainnya. Sementara untuk pencipta lagu yang dia nyanyikan, saya nggak dapat uang sepeser pun. Wajar saya berlakukan (direct license) sekarang," jelas Ari Bias.

Ari kemudian mengungkapkan bahwa persoalan royalti musik adalah sistematis, seharusnya bisa diatasi oleh Lembaga Manajemen Kolektif (LMK).

"Ini sebenarnya dampak dari LMK yang gagal melaksanakan kewajibannya mengumpulkan royalti," ungkap Ari.



Sejak Juli 2023, Ari Bias sudah menginformasikan pemberlakuan direct license karya-karyanya terhadap beberapa penyanyi.

"Sejak Juli 2023 saya sudah informasikan kepada penyanyi yang bawakan lagu saya, di antaranya ada Krisdayanti, Reza Artamevia, Judika, dan termasuk Agnez Mo. Semuanya kooperatif, setuju, dan mendukung kegelisahan pencipta lagu. Mereka setuju direct license yang saya tawarkan ke mereka," kata Ari Bias.

Akan tetapi hanya manajemen Agnez Mo yang kurang kooperatif dalam membahas royalti lagunya.

"Kecuali manajemen Agnez Mo. Memang tidak ada kata-kata setuju dengan direct license yang saya berlakukan. Ya sudah, berarti lagu saya jangan dibawakan, artinya melarang," tandas Ari Bias.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)