Resmi! Jay Idzes Ambil Sumpah WNI Ditemani Kekasih, Siap Perkuat Timnas Indonesia

Kamis, 28 Desember 2023 - 11:00 WIB
loading...
Resmi! Jay Idzes Ambil Sumpah WNI Ditemani Kekasih, Siap Perkuat Timnas Indonesia
Resmi! Jay Idzes Ambil Sumpah WNI Ditemani Kekasih, Siap Perkuat Timnas Indonesia. Foto: MPI/Andika Rachmansyah
A A A
JAKARTA - Pemain naturalisasi Indonesia, Jay Idzes, sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Idzes resmi menjadi WNI usai ambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Ditemani sang kekasih, Pien Boonen, Idzes tiba di lokasi sejak pukul 07.45 WIB. Pemain Venezia itu tiba mengenakan setelan jas lengkap dengan kemeja berwarna putih. Setelah Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, dia pun langsung naik ke lokasi pengambilan sumpah WNI.



Prosesi pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun. Prosesi itu tidak bisa dihadiri oleh awak media, namun bisa dilhat melalui tayangan live streaming pada kanal youtube PSSI. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tak lama setelah itu Idzes pun langsung diambil sumpah.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh," ucap Idzes mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.
Resmi! Jay Idzes Ambil Sumpah WNI Ditemani Kekasih, Siap Perkuat Timnas Indonesia

"Melepaskan, seluruh kesetiaan setia saya kepada kekuasaan asing, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia dengan tulus dan ikhlas," sambungnya kemudian.



Dengan rampungnya proses naturalisasi ini, maka Idzes sudah dapat segera memperkuat Timnas Indonesia. Dia menambah daftar pemain keturunan yang sudah dinaturalisasi. Sebelumnya, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.

Seperti diketahui, pada September 2023, pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes itu sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pertemuan itu sekaligus pengumuman kalau dirinya adalah calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Proses naturalisasi Idzes terbilang berlangsung singkat, sama seperti Nathan Tjoe-A-On yang belum ambil sumpah WNI. Pada awal Desember ini, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Sebelum Idzes, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan. Pemain yang dimaksud adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.

Sejatinya, Idzes diproyeksikan untuk Piala Asia 2023. Tetapi, mengingat Timnas Indonesia telah memulai pemusatan latihan di Turki, peluangnya untuk berseragam Merah Putih dalam ajang tersebut pun sirna.

Kendati begitu, Idzes berkemungkinan besar akan menjalani debutnya di Timnas Indonesia pada lanjutan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda akan kembali memulai perjuangannya dengan melawan Vietnam di matchday ketiga pada 21 Maret 2024.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)