4 Alasan Irak Dapat Terserat dalam Konflik Hamas dan Israel

Kamis, 28 Desember 2023 - 13:13 WIB
loading...
4 Alasan Irak Dapat Terserat dalam Konflik Hamas dan Israel
Irak bisa terseret dalam konflik di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Irak semakin menjadi tempat terjadinya serangan antara pasukan yang didukung Iran dan Amerika Serikat di tengah perang brutal Israel di Gaza, dengan meningkatnya kekhawatiran akan eskalasi yang serius.

Amerika Serikat mengatakan pada Selasa bahwa pihaknya melancarkan serangan terhadap kelompok-kelompok yang bersekutu dengan Iran di Irak, di tengah kekacauan 24 jam di wilayah tersebut yang juga menyebabkan seorang jenderal senior Iran dibunuh di Suriah.

Akankah Irak Terserat dalam Konflik Hamas dan Israel? 3 Fakta terkait Eskalasi Ketegangan di Baghdad,

1. AS Melakukan Intervensi Militer

4 Alasan Irak Dapat Terserat dalam Konflik Hamas dan Israel

Foto/Reuters

Pada Selasa dini hari, militer AS mengatakan pihaknya melancarkan serangan terhadap tiga lokasi yang digunakan oleh Kataib Hizbullah, kelompok bersenjata utama yang bersekutu dengan Iran, dan kelompok afiliasi lainnya yang tidak disebutkan namanya di Irak.

Hal ini terjadi sekitar setengah hari setelah Kataib Hezbollah, yang merupakan bagian dari kelompok payung Perlawanan Islam di Irak, mengaku bertanggung jawab atas serangan besar terhadap pangkalan AS di Erbil di Irak utara.

Melansir Al Jazeera, yang terpenting, Washington mengatakan tiga tentara AS terluka dalam serangan yang menggunakan drone bunuh diri satu arah, dengan satu anggota militer menderita luka kritis. AS mengatakan kehadirannya di Irak dan Suriah sebagian besar ditujukan untuk memerangi kebangkitan kelompok militan ISIS (ISIS).

Pangkalan AS di Irak dan Suriah telah mengalami lebih dari 100 serangan oleh pasukan yang bersekutu dengan Iran sejak dimulainya perang Gaza pada tanggal 7 Oktober, namun serangan tersebut tidak menyebabkan satu pun anggota militer AS terluka parah sebelumnya.

Komando Pusat AS, yang ditugaskan melakukan operasi di Timur Tengah, mengklaim serangannya pada hari Selasa “menghancurkan fasilitas yang ditargetkan dan kemungkinan membunuh sejumlah militan Kataib Hizbullah” tanpa menimbulkan korban sipil.


2. Terkait Pembunuhan Komanda Garda Revolusi Iran di Suriah

4 Alasan Irak Dapat Terserat dalam Konflik Hamas dan Israel

Foto/Reuters

Serangan yang dilakukan kelompok Irak terjadi beberapa jam setelah komandan tertinggi Iran di Suriah, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Brigadir Jenderal Razi Mousavi, dibunuh dalam serangan di siang hari bolong.

Tiga rudal, yang diyakini secara luas diluncurkan oleh Israel, menargetkan rumahnya di Sayyida Zeinab di selatan ibu kota Suriah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)