Teliti Kulit Singkong, 4 Siswi MAN 3 Jembrana Raih Perak di Olimpiade Sains Internasional

Rabu, 27 Desember 2023 - 15:50 WIB
loading...
Teliti Kulit Singkong, 4 Siswi MAN 3 Jembrana Raih Perak di Olimpiade Sains Internasional
Empat siswi MAN 3 Jembrana berhasil meraih medali perak pada Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) 2023. Foto/Kemenag.
A A A
JAKARTA - Empat siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jembrana berhasil meraih medali perak pada Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) 2023. Ini menjadi merupakan kado akhir tahun yang paling berharga bagi madrasah mereka.

Tim riset Al-Kindi MAN 3 Jembrana ini terdiri dari empat pelajar yaitu Kharisma Dewi Amania Rahmah, Atika Nafisha, Afiqa Putri Fatina, dan Nadya Artanti.

Topik penelitian mereka dianggap unik sehingga mampu mencuri atensi para juri. Atas binaan tim pembimbing riset MAN 3 Jembrana, keempat siswa ini berhasil menciptakan sebuah formula untuk meminimalisir limbah kulit singkong guna mendukung program diversifikasi pangan dan energi terbarukan.

Baca juga: Mahasiswa Polinef Raih Emas di Olimpiade Sains Internasional, Buat Helm Anti Maling

"Ide penelitian diperoleh saat melakukan observasi ke pengusaha keripik singkong di sekitar madrasah. Hasil observasi yang dilakukan ditemukan fakta bahwa hasil sampingan dari usaha pembuatan keripik singkong berupa limbah kulit yang dalam jumlah besar dapat menimbulkan bau menyengat,” ujar ketua tim Kharisma Dewi, dikutip dari laman Kemenag, Rabu (27/12/2023).

Para peneliti muda ini pun membuat formula berupa produk tri in one dari limbah kulit singkong.

Kepala MAN 3 Jembrana Saras Mawantyo mengaku bangga atas perolehan perak yang ditorehkan anak didiknya.

Baca juga: Cerita Duriatun, Anak Pembuat Gula Jawa yang Lolos SNBP di FMIPA UNY

Prestasi ini, kata Saras, menjadi tolok ukur bagi MAN 3 Jembrana sebagai salah satu madrasah dengan klasterisasi unggul. “Saya berharap prestasi ini dapat diikuti oleh seluruh program unggulan yang dimiliki MAN 3 Jembrana,” lugasnya.

Saras berharap, tim riset Al-Kindi menjadi salah satu wadah berpikir kritis, kreatif, inovatif yang terus mendongkrak prestasi MAN 3 Jembrana. Kerja keras dan cerdas pembina dan tim peneliti telah mengharumkan nama MAN 3 Jembrana.

“Prestasi medali perak intenasional ini menjadi yang pertama bagi MAN 3 Jembrana,” ujarnya bahagia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2609 seconds (0.1#10.140)