5 Marga Habib Paling Tinggi di Indonesia Lengkap dengan Asal-usulnya

Kamis, 21 Desember 2023 - 15:00 WIB
loading...
5 Marga Habib Paling Tinggi di Indonesia Lengkap dengan Asal-usulnya
Di Indonesia setidaknya beberapa nama marga Habib dan 7 di antaranya tertinggi dengan konotasi jumlah keturunan yang lebih banyak atau garis keturunan yang paling dekat dengan Nabi. Foto ilustrasi/youtube
A A A
Di Indonesia setidaknya beberapa nama marga Habib dan 7 di antaranya tertinggi dengan konotasi jumlah keturunan yang lebih banyak atau garis keturunan yang paling dekat dengan Nabi SAW.

Di Indonesia juga terdapat sekitar 68 dari lebih dari 100 kabilah marga yang tersebar di dunia. Mereka memiliki nasab yang terhubung dengan Nabi Muhammad SAW melalui garis keturunan Sayyidina Husein.

Keturunan nabi ini sering disebut sebagai Habib (Habaib untuk jamak), Syed, atau Sayyid, sedangkan perempuannya biasanya dipanggil Syarifah atau Sayyidah.

Berikut 5 nama marga Habib paling tinggi di Indonesia lengkap dengan asal-usulnya:

Marga Habib Paling Tinggi di Indonesia

1. Al - Attas

Marga Habib paling tinggi di Indonesia adalah marga Al- Attas. Marga Al - Attas pertama kali disematkan kepada Habib Umar bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al- Fagih Al - Mugaddam.

Asal Usul keluarga Al-Attas ini diceritakan Habib Ali bin Hassan al-Attas: "Sebenarnya apa yang diucapkan oleh Syaikh al-Faqih Abdullah bin Umar Ba'ubad yaitu bahwa: "Beliau dinamakan Al-Attas yang maknanya bersin karena beliau pernah bersin ketika masih berada di dalam perut ibunya"

Rabithah Alawiyah mencatat bahwa wilayah Jabodetabek memiliki sekitar 2.471 Habaib dengan nama belakang Al-Attas. Di antara tokoh-tokoh ulama Al-Attas di sana, ada Habib Ali bin Husein Al-Attas yang populer dengan nama Habib Ali Bungur, seorang ulama terkemuka di tanah Betawi.

2. Al - Haddad

Selanjutnya adalah Marga Habib Al - Haddad, gelar Al - Haddad pertama kali dimiliki oleh Waliyullah Imam Ahmad bin Abi Bakar bin Ahmad Masrafah bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi Ammu Al-Faqih Muqaddam.

Di wilayah Jabodetabek, terdapat sekitar 1.583 orang dari keturunan Kabilah Al-Haddad. Salah satu figur terkenal dari keluarga Al-Haddad adalah Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Priok. Beliau adalah seorang ulama dari Palembang yang makamnya kerap diziarahi di Koja, Jakarta Utara.

3. Assegaf

Kemudian gelar Assegaf, sebagai salah satu Marga Habib tertinggi di Indonesia. Gelar Assegaf pertama kali disematkan kepada Waliyullah Al Muqoddam ats-Tsani al-Imam Abdurrahman bin Muhammad Mauladdawillah bin Ali bin Muhammad al - Faqih Muqoddam.

Gelar "Assegaf" disandangnya karena dia dianggap sebagai pelindung atau pengayom bagi para wali pada zamannya, diibaratkan sebagai atap bangunan yang disebut Sagfun dalam bahasa Arab.

Pada tahun 2017, Rabithah Alawiyah mencatat sekitar 1.538 penduduk bermarga Assegaf di wilayah Jabodetabek.
Beberapa tokoh bermarga Assegaf di Indonesia termasuk Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf (Ketum Rabithah Alawiyah) dan Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf.

4. Alaydrus

Selanjutnya adalah Marga Habib Alaydrus yang pertama kali dimiliki oleh Al Habib Abdullah Alaydrus bin Abubakar As - Sakran yang merupakan pendiri tarekat Aydrusiyyah.

Gelar Alaydrus disematkan pada namanya oleh sang kakek yang bernama Abdurrahman As-Saqqaf dan berasal dari kata “Al-Aytarus” yang berarti keluarga yang dikenal di bidang keilmuan, politik dan kemasyarakatan.

Salah satu tokoh terkenal dari keluarga Alaydrus adalah Habib Husein bin Abubakar Al-Aydrus yang lebih dikenal dengan sebutan Habib Luar Batang. Makam ulama yang dianggap wali Allah ini masih menjadi tempat yang ramai dikunjungi di Luar Batang, Jakarta.

5. Al - Habsyi

Marga Al-Habsyi bermula dari Waliyullah Al-Habib Abu Bakar bin Ali bin Ahmad bin Muhammad Asadillah. Dia dijuluki Al-Habsyi karena perjalanan dan tinggalnya di Habasyah (sekarang Etiopia) selama 20 tahun dalam upaya menyebarkan Islam.

Tokoh-tokoh terkenal dari marga Al-Habsyi antara lain Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi Ampel Qubah, pengarang Kitab Maulid Simtud Duror, Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, Habib Ali bin Abdurrahman Al Habsyi (Habib Kwitang), Dai Ustaz Ahmad Al-Habsyi.

Demikian ulasan mengenai 5 Marga Habib paling tinggi di Indonesia, semoga informasi ini dapat menambah wawasan.



Wallahu A’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)